Bangunan Bekas Pasar Besar Kota Batu Dilelang Setengah Miliar, Berminat?

Nov 18, 2021 15:40
Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Bangunan Pasar Besar Kota Batu yang segera dirobohkan masih bernilai tinggi. Bahkan, Pemkot Batu melelang bangunan tersebut senilai setengah miliar tepatnya Rp 597.477.000,00  melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Malang.

Penjualan aset sebelum dirobohkan ini pun banyak diminati pengusaha pemburu bangunan bekas. Sudah ada ratusan peminat yang ingin membeli eks bangunan Pasar Besar Kota Batu tersebut.  Hingga Rabu (17/11/2021), tercatat ada sebanyak 379 peserta. 

 Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso mengatakan, aset Pemkot Batu yang bakal dilelang itu berupa Bangunan Gedung Pasar Bear Kota Batu. Dengan nilai limit atau harga dasar penjualan adalah sebesar Rp 597.477.000,00. “Peserta lelang ini diwajibkan menyetorkan uang jaminan lelang sebesar Rp. 298.738.500,00,” ucap Punjul. 

Punjul mengimbau peserta lelang untuk melihat langsung obyek lelang agar mendapatkan gambaran riil terhadap nilai penawaran yang akan diajukan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa melihat di http:/www.lelang.go.id. Dengan rincian bangunan aset Pemkot Batu yang dilelang yakni, bangunan gedung kantor permanen (kantor UPT Pasar Batu). Bangunan gedung tempat ibadah permanen (musala). Gedung pertokoan koperasi.

Lainnya gedung pasar permanen seperti kios, los, bedak mulai unit 1 hingga 5. Gedung pos jaga permanen (pos satpam lama dan baru). WC umum, tempat parkir pasar. Gedung sarana dan prasarana, bangunan gorong-gorong, dan jalan khusus komplek pasar. “Obyek yang dilelang ini dengan kondisi apa adanya, dan kepada peserta dianggap sudah mengetahui obyek lelang,” tambah Punjul.

Sedang revitalisasi Pasar Besar Kota Batu sudah tidak lama lagi. Secepatnya area Pasar Besar Kota Batu seluas 5 hektare bakal rata dengan tanah.

Sebab revitalisasi yang menggunakan anggaran APBN sebesar Rp 200 miliar itu akan dibangun secara multi years. Sehingga pada akhir tahun 2021 ini, anggaran kurang lebih Rp 19 miliar sudah diturunkan untuk memulai revitalisasi Pasar Besar Kota Batu.

Karena itu relokasi pedagang di kios semi permanen dalam waktu dekat segera dilakukan oleh Pemkot Batu. Mengingat saat ini sudah mendekati akhir bulan November. Sehingga sudah tidak banyak lagi waktu yang tersisa hingga penghujung tahun 2021.

Sementara para pedagang seperti pedagang pasar pagi sudah lebih dahulu melakukan reloksi di dalam Stadion Brantas Kota Batu. Disusul pedagang pasar buah relokasi di Pasar Sayur Kota Batu.

Topik
Pasar Besar Kota Batulelang eks bangunan pasar kota batuPunjul SantosoKPKNL Malangupacara bersih nagari

Berita Lainnya

Berita

Terbaru