Lewat International Student Forum, TBI Ajak Mahasiswa Pahami Isu-Isu Gen Z

Nov 18, 2021 15:27
International Student Forum (ISF) bertajuk Gen Z, Who are We?(Ist)
International Student Forum (ISF) bertajuk Gen Z, Who are We?(Ist)

JATIMTIMES - Dalam konteks pendidikan, pemahaman tentang karakteristik setiap generasi menjadi penting. Hal ini guna menentukan bagaimana strategi pendidikan yang efektif tanpa mengesampingkan minat dan habituasi mereka sebagai sebuah kelompok generasi. 

Jurusan Tadris Bahasa Inggris  (TBI) FITK Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang merespons hak tersebut dengan mengadakan International Student Forum (ISF) bertajuk Gen Z, Who are We? (18/11/2021).

Ketua Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI) FITK UIN Maliki Malang Dr H Langgeng Budianto MPd dalam International Student Forum (ISF) ini menyampaikan, mahasiswa diajak untuk mengetahu apa saja isu-isu yang perlu diketahui oleh generasi Z. 

1

"Tujuannya, agar mereka mampu mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk merespons berbagai tantangan dan peluang, baik pada masa kini maupun masa depan," jelasnya.

Senada dengan Langgeng, Dr H Nur Ali MPd selaku dekan FITK UIN Maliki Malang menuturkan, pembahasan mengenai generasi Z penting dilakukan. Sebab, generasi ini diisi oleh mereka anak-anak di usia sekolah. Salah satunya mahasiswa. 

Menurut dia,  karakter pada tataran level generasi tersebut sangat beragam dan memberikan efek luar biasa pada budaya masyarakat. Salah satu hal yang paling menonjol adalah tentang pemanfaatan teknologi yang didominasi pada generasi tersebut.

“Salah satu yang paling menonjol dari gen Z yaitu mereka bisa menggunakan teknologi di berbagai sendi kehidupannya. Teknologi yang mereka manfaatkan sama alaminya layaknya mereka bernafas”, ujar Nur Ali. 

Nur Ali berharap, lewat forum tersebut, para mahasiswanya lebih mengetahui strategi yang tepat untuk diambil selama proses perkuliahan dan target apa yang ingin diraih di masa depan. “Saya selalu berpikir positif, mahasiswa Tarbiyah akan dapat menjadi tokoh-tokoh masyarakat hebat pada masanya, khususnya gen Z," ungkap pria asal Lamongan tersebut. 

Sementara itu, dalam forum yang tersebut, terdapat empat narasumber yang berbagi ilmunya. Di antara Reehana Rakhraj dari Malaysia yang menyampaikan tema Who is Gen Z? Kemudian, Ilma Rosyidah dari Indonesia dengan bahasan What are the Problems Gen Z Facing?

Pemateri ketiga, yaitu Joel Chee Yik Kwang dari Malaysia, memaparkan tentang How does Gen Z Cope with the Problem?. Dan untuk pembicara terakhir, M. Dede Herda Saputra dari Indonesia memberikan paparan tentang Gen Z, Teachers, and Workplace. 

Kegiatan yang dimoderatori oleh Nur Aini Binti Azmi dari Malaysia dan Nanda Prastika Indraswari dari Indonesia ini. Juga dihadiri  unsur fosen, antara lain Ooi Choon Meong PhD dari The Institute of Teacher Education International Language, Malaysia, dan Andrea Rene Mason MA dari Idaho University, USA.

Topik
UIN Maliki MalangGenerasi ZInternational student forumbudaya buthan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru