PPKM Level 3 Se-Indonesia, Tempat Wisata dan Taman di Kota Malang Tutup

Nov 18, 2021 12:44
Wali Kota Malang Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pemerintah pusat kembali membuat kebijakan untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19 saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 mendatang. Dalam hal ini, seluruh wilayah di Indonesia akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 20222.

Hal ini pun nantinya turut dijalankan di Kota Malang. Dalam penerapan kebijakan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan melakukan pembatasan sebagaimana mestinya saat PPKM Level 3 dilakukan.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, langkah yang diambil pemerintah pusat ini sebagai upaya untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19 saat libur panjang Nataru mendatang. Karena itu, Kota Malang yang saat ini sudah masuk pada PPKM Level 2 akan ikut  PPKM Level 3.

"Ini dalam rangka menghindari gejolak yang luar biasa di Nataru. Maka kebijakan pusat leveling se-Indonesia dipakai level 3. Yang semua dari level 2 ke 3, semula level 1 ke 3. Kalau yang masih dilLevel 4 tetap 4," ujarnya, Kamis (18/11/2021).

Dalam kebijakan PPKM Level 3 ini, nantinya pembatasan aktivitas masyarakat di wilayah Kota Malang akan kembali diterapkan. Salah satunya berkaitan dengan tempat wisata -yang saat ini sudah dibuka- akan ditutup. Pun taman-taman kota, di masa libur Nataru nanti juga akan ditutup.

"Sebenarnya di level 3 itu perbedaannya ada di tempat wisata dan taman-taman itu tutup. Percobaan boleh, kapasitas 50 persen. Tapi kalau di level 2 kan sudah 75 persen kapasitasnya," jelas Sutiaji.

Aturan lengkap berkaitan dengan kebijakan penerapan PPKM Level 3 selama Nataru nantinya juga akan dituangkan dalam surat edaran (SE) wali kota Malang. Termasuk, nantinya juga akan mengatur penyekatan di beberapa titik.
"SE mesti ada nanti.  Turunan dari inmendagri (instruksi menteri dalam negeri) yang mengatur naik leveling ke 3. Kita ngikuti. Kita tentu harus ada pengetatan. Lenyekatan jelas," pungkas Sutiaji.

Sebagai informasi, kebijakan untuk menerapkan PPKM Level 3 di seluruh wilayah Indonesia selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 mendatang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Nantinya seluruh wilayah di Indonesia, baik yang berstatus PPKM Level 1 maupun 2, akan disamaratakan dengan menerapkan aturan PPKM Level 3.

Dalam kebijakan libur Natal dan tahun baru ini, sejumlah kegiatan pun dilarang pelaksanaannya. Antara lain perayaan pesta kembang api, pawai, arak-arakan, dan lainnya yang mengumpulkan kerumunan.

Topik
momen Natarubondowoso masuk level 3Buoati LumajangPlt Wali Kota Malang SutaijiBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru