Informasi Beasiswa Unisma, Jenis hingga Syaratnya Agar Bisa Diterima

Nov 17, 2021 20:05
"Rektor Universitas Islam Negeri (Unisma) Prof Dr H Maskuri MSi (kiri) saat melakukan konferensi pers Thematic Academy Digital Media Reporter yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia di Kampus Unisma, Rabu (17/11/2021) (Foto: Pipit Anggraeni/JatimTIMES)"
"Rektor Universitas Islam Negeri (Unisma) Prof Dr H Maskuri MSi (kiri) saat melakukan konferensi pers Thematic Academy Digital Media Reporter yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia di Kampus Unisma, Rabu (17/11/2021) (Foto: Pipit Anggraeni/JatimTIMES)"

JATIMTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) menyediakan beragam jenis beasiswa bagi generasi muda Indonesia. Bukan hanya mahasiswa di dalam negeri, beasiswa juga diberikan kepada mahasiswa internasional.

Rektor Universitas Islam Negeri (Unisma) Prof Dr H Maskuri MSi mengungkapkan, peluang beasiswa di kampus Nahdlatul Ulama itu sangatlah terbuka. Bukan hanya bagi mahasiswa dengan ekonomi yang kurang mampu, tapi beasiswa juga diberikan kepada mereka yang berasal dari keluarga berkecukupan.

"Jika ada prestasi, pasti mendapatkan beasiswa. Ada kriterianya sendiri," terang Prof Maskuri dalam konferensi pers Thematic Academy Digital Media Reporter yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia di Kampus Unisma, Rabu (17/11/2021).

Pemberian beasiswa itu menurutnya diberikan untuk program S1 Non Fakultas Kedokteran. Dengan beasiswa berupa bebas DPP dan SPP selama delapan semester.

Ketentuan beasiswa dalam jalur ini adalah siswa berprestasi diantaranya meliputi prestasi akademik, prestasi kejuaraan non akademik yang dibuktikan minimal dengan sertifikat juara tingkat Kabupaten/Kota, anak yatim piatu yang memiliki prestasi, kader Aswaja yang memiliki prestasi, anak karyawan yang memiliki prestasi, hingga Khafid/khafidloh berprestasi.

Antusias program beasiswa bebas DPP dan SPP itu menurut Maskuri sangat luar biasa. Dalam setiap penerimaan mahasiswa baru, jumlah pendaftar selalu membludak dan melebihi target. Sehingga harus melewati tahap seleksi yang ketat.

"Dari sekitar 12 ribu mahasiswa, ada lebih dari seribu mahasiswa yang kuliah dengan program beasiswa," jelasnya.

Sementara untuk beasiswa dalam negeri, Unisma memiliki banyak pilihan. Seperti Kartu Indonesia Pintar Kuliah, beasiswa Uang Kuliah Tunggal (UKT) dari Kemendikbud, dan beasiswa full biaya kuliah yang merupakan kerjasama dengan Online Scholarship Competition (OSC).

"Minat program OSC juga luar biasa, yang daftar belasan ribu dan kami hanya menerima 20 pendaftar saja," jelas Maskuri.

Penerima beasiswa itupun mendapat pengawalan ketat dari pihak Unisma. Terutama memastikan prestasi mahasiswa yang berkaitan terus berkembang dan tidak mengalami penurunan.

Selain itu, penerima beasiswa juga selalu dilibatkan dalam berbagai agenda untuk meningkatkan keaktifan kemahasiswaan. Selain itu juga melatih kemandirian setiap mahasiswa.

Topik
UnismaKeahlian yang dicariatlet panah tulungagungRektor Unisma

Berita Lainnya

Berita

Terbaru