Ternyata Orang Mati Bisa Melihat Amal Orang yang Masih Hidup

Nov 17, 2021 10:43
Ilustrasi orang akan dikuburkan (dreamcoid)
Ilustrasi orang akan dikuburkan (dreamcoid)

JATIMTIMES - Saat dikuburkan, seseorang yang meninggal masih bisa mendengar langkah orang-orang yang telah menguburkannya. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. "Seseorang hamba, jika ia telah diletakkan dikuburnya dan para pengantarnya berpaling meninggalnya, maka ia mendengarkan suara sandal atau alas kaki mereka" (HR Bukhari Muslim).

Selain itu, dari channel Islam Populer dijelaskan, orang yang sudah meninggal bisa melihat amal keluarganya yang masih hidup. Hal ini disampaikan oleh Syaikul Hadis Abdullah bin Mubarak. Ia mendapatkannya (penjelasan) dari Tsaur bin Yazid Ibrahim yang menjelaskan amal perbuatan orang yang masih hidup akan diperlihatkan kepada orang-orang yang sudah meninggal.

Ahli kubur yang melihat amal baik keluarganya akan merasa bahagia. Namun sebaliknya, mereka yang melihat amal buruknya akan merasa sedih dan malu. Ahli kubur yang sedih melihat amal buruk keluarganya diceritakan oleh Ibnu Abi ad Dunya.

Ibnu Abi ad Dunya mendapatkan penjelasan tersebut dari  Khalid bin Amr Al Umawi, dari Shodaqoh bin Sulaiman a Ja'fary.

"Aku adalah seorang lelaki yang berkarakter buruk. Ketika ayahku telah kembali kepada pemiliknya, aku sungguh menyesal atas perbuatan-perbuatan burukku dan aku memutuskan bertaubat kepada-nya. Hingga suatu waktu, aku tergelincir kedalam lembah kemaksiatan dan aku bermimpi dengan ayahku".

Beliau berkata kepadaku. "Wahai anakku ketahuilah, hal yang membuat Ayah paling bahagia, adalah amal perbuatanmu (amal perbuatan yang merupakan amal perbuatan orang saleh) yang diperlihatkan kepada Ayah, namun perbuatanmu kali ini ( tergelincir dalam lembah kemaksiatan) benar-benar membuat Ayah sangat malu. Oleh sebab itu jangan membuat Ayah susah dan malu di hadapan orang-orang  yang telah mati lainnya di sekitar Ayah".

Hal ini juga dibenarkan oleh Said bin Jubair RA. "Sesungguhnya, orang-orang yang sudah mati dapat mengetahui kabar orang-orang yang masih hidup. Setiap orang yang memiliki kerabat pasti mengetahui kabar kerabat-kerabatnya. Jika kabarnya baik, ia merasa senang dan gembira. Jika kabarnya buruk, ia akan cemberut dan sedih".

Topik
momen melamarRasulullah SAWsabda Rasulullah SAWPertanyaan di alam kubur

Berita Lainnya

Berita

Terbaru