Update Kerugian Banjir Bandang, Puluhan Hektare Sawah Terdampak di 8 Desa/Kelurahan Kota Batu

Nov 16, 2021 20:05
Tampak dari atas luasan sungai pasca banjir bandang yang merusak lahan warga di Kota Batu. (Foto: istimewa)
Tampak dari atas luasan sungai pasca banjir bandang yang merusak lahan warga di Kota Batu. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Hampir dua pekan banjir bandang meluluhlantahkan Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Bukan hanya rumah yang terdampak, namun puluhan hektare lahan milik warga juga jadi korban banjir bandang 4 November 2021 silam.

“Kerugian atau kerusakan lahan ada di delapan titik desa/kelurahan di Kecamatan Bumiaji, Junrejo, dan Batu,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Sugeng Pramono.

Dari data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu hingga Selasa (16/11/2021) rincian kerusakan lahan persawahan terjadi di Desa Bumiaji, Desa Pandanrejo, Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji. Kemudian di Kecamatan Batu ada di Desa Sidomulyo dan Kelurahan Temas. Kecamatan Junrejo hanya di Desa Junrejo. 

Rincian kerusakan lahan persawahan di Desa Sumbergondo, petani yang terdampak 82 orang dengan total kerusakan lahan 19,8 hektare. Lalu di Desa Sidomulyo petani yang terdampak ada 10 orang dengan total kerusakan lahan 0,88 hektare. Kemudian di Desa Bumiaji pada aliran sungai Bulukerto-Beru petani terdampak 22 orang dengan total kerusakan lahan 0,608 hektare.

Ada juga kerusakan Green House sejumlah 4 unit dengan total kerusakan 0,1530 hektare. Lalu Desa Bumiaji pada aliran sungai Tlogorejo-Kali lanang petani terdampak 25 orang dengan total kerusakan lahan 1,8174 hektare. Lainnya di Desa Pandanrejo petani yang terdampak 11 orang dengan total kerusakan lahan 1,31 hektare. Selanjutnya di Desa Torongrejo petani yang terdampak 3 orang dengan total kerusakan lahan 0,22 hektare.

Di Kelurahan Temas petani yang terdampak 13 orang dengan total kerusakan lahan 0,835 hektare. Lainnya di Desa Giripurno petani terdampak 25 orang dengan total kerusakan lahan 1,68 hektare. Dan Desa Bulukerto petani terdampak 14 orang dengan total kerusakan lahan 1 hektare.

Sementara korban meninggal dunia ada 7 orang. Dengan korban selamat 8 orang. Sedangkan kerugian tempat usaha sejumlah 5 unit. 4 diantaranya rusak berat dan 1 rusak sedang. Sementara kendaraan rusak atau hanyut ada sepeda motor 46 kendaraam. Dan 11 kendaraan mobil. Dan kandang ternak rusak ada 9 unit. Lalu rumah rusak sejumlah 31 unit. Rinciannya 12 rumah rusak berat, 5 rusak sedang, dan 14 rusak ringan.

Topik
kerusakan lahan sawahpersiapan acara mtqlaporan kekayaan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru