Tuntaskan Vaksinasi Covid-19, Kota Batu Bidik Lansia

Nov 16, 2021 16:07
Salah satu warga saat divaksin oleh nakes di Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu warga saat divaksin oleh nakes di Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Kota Batu berupaya keras menuntaskan vaksinasi Covid-19 mencapai 100 persen. Sebab, capaian 100 persen vaksinasi tinggal sedikit lagi. Saat ini, capaian pertama 93,13 persen atau 153.595 orang. Sementara pada dosis kedua sudah 74,98 persen atau 123.670 orang. 

“Kami terus mengejar vaksinasi Covid-19 khususnya pada vaksin dosis kedua dan kategori lansia,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, Kartika Trisulandari Selasa (16/11/2021).

Pada kategori lansia memang perlu ditingkatkan. Sebab, masih banyak yang belum vaksin. Pada vaksinasi lansia dosis 1 sudah 50,70 persen, sedangkan untuk dosis 2 baru sebanyak  37,74 persen. “Karena itu saat ini tugas cukup berat untuk mengajak lansia untuk vaksin Covid-19. Sebab untuk menyadarkan para lansia dan keluarganya agar mau ikut vaksinasi tidak mudah,” ungkapnya.

Banyak yang beranggapan jika lansia tidak banyak melakukan perjalanan, sehingga tidak perlu divaksin. “Padahal kategori lansia yang rentan terpapar (Covid-19). Jadi kami berupaya saat ini door to door kami lakukan memberikan pengertian pentingnya vaksinasi,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, Kartika Trisulandari.

Yang ditakutkan adalah, jika didapati ada saudara dari luar daerah berkunjung dapat menulari lansia tersebut. Sehingga berbagai upaya agar lansia mau divaksin terus dilakukan.

Tetapi bagi masyarakat yang sudah mendapati vaksinasi Covid-19 dosis satu dan dua agar tidak menyelepelekan virus tersebut. Harus tetap disiplin protokol kesehatan.

“Harus tetap disiplin prokesnya, 6M adalah memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga Kesehatan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas atau bepergian kecuali untuk keperluan sangat mendesak,” ujar Kartika yang juga dokter gigi ini.

Kemudian juga meminta bagi yang belum melakukan vaksinasi bisa segera melakukan di pelayanan kesehatan terdekat. Tentunya untuk mencapai Herd Immunity untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Topik
Apel di Kota BatuKartika TrisulandariVaksinasi Covid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru