Indonesia Punya Panglima Baru TNI Besok, Jenderal Andika Perkasa Dilantik

Nov 16, 2021 13:58
KSAD Jenderal Andika Perkasa (Foto: IST)
KSAD Jenderal Andika Perkasa (Foto: IST)

JATIMTIMES - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik KSAD Jenderal Andika Perkasa sebagai panglima TNI besok, Rabu (17/11/2021). Seperti biasa, pelantikan akan dilaksanakan di Istana Kepresidenan Jakarta.

"Pelantikan panglima insya Allah besok Rabu," kata Jokowi, Selasa (16/11/2021). 

Jokowi juga memastikan dirinya hanya akan melantik panglima baru TNI. Ia membantah jika pelantikan Andika akan bersamaan dengan reshuffle (pergantian) kabinet. "Belum (reshuffle kabinet). Besok pelantikan panglima," ucap Jokowi.

Namun, hingga berita ini ditulis, masih belum ada detail tentang waktu dan peserta pelantikan panglima TNI. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono hanya mengonfirmasi agenda pelantikan Andika sebagai panglima TNI. Selain pelantikan Andika, Heru menyebut ada pula pelantikan calon duta besar (dubes) RI. 

Sebelumnya, Jokowi telah mengajukan nama Andika sebagai calon panglima TNI tunggal ke DPR.  Komisi I DPR pun lantas menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap Andika. DPR akhirnya sepakat dan menyetujui usulan Jokowi tersebut. 

Dengan demikian, Andika akan menggantikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan masuk masa pensiun bulan November ini.

Topik
Panglima TNIPresiden Joko WidodoJokowiJenderal Andika PerkasaMarsekal Hadi Tjahjanto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru