Pembersihan Pasca-Banjir Bandang di Kota Batu Sudah Rampung 70 Persen

Nov 16, 2021 12:16
Alat berat saat membersihkan material pasca-banjir bandang di Kota Batu. (Foto: Irsya/JatimTIMES)
Alat berat saat membersihkan material pasca-banjir bandang di Kota Batu. (Foto: Irsya/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Banjir bandang yang melanda  Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, sudah berlalu hampir dua pekan. Pembersihan material pun masih berlangsung. Kurang lebih proses pembersihan material banjir sudah mencapai 70 persen.

 Terlihat hingga Selasa (16/11/2021), alat-alat besar ekskavator terus bergerak memindahkan material tanah, bambu, kayu, sampah, dan sebagainya.

Namun, fasilitas umum seperti jalan kini sudah bisa dilalui kembali. Sebab, sedimen banjir bandang yang sempat memutus sejumlah akses jalan desa kini seluruhnya sudah bersih. Mulai di Dusun Sambong, Dusun Gintung, hingga di Jalan Giripurno.

“Penanganan pasca-banjir bandang sedang on progress. Membersihkan alur jalan air sungai. Di hulu sana masih banyak sedimen,” ucap Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. 

Pembersihan sedimen lumpur di aliran sungai memang saat ini terus dikebut mengingat hujan hampir setiap hari mengguyur Kota Batu. Jika tidak ditangani, dikhawatirkan kembali bisa memicu terjadinya luapan air ke darat. Apalagi fenomena La Nina puncaknya masih akan berlangsung pada  Januari-Februari mendatang.

Jadi, Dewanti berupaya agar sedimen pada aliran sungai harus dibuka. “Pembersikan kurang lebih sudah 70 persen. Terus kami kebut,” tambah Dewanti.

Selain itu, normalisasi sungai dilakukan dengan melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang serta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas agar aliran sungai bisa berjalan lancar. Hanya, normalisasi sungai memang membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Topik
banjir bandangatlet kabupaten gresikWlingi Emergency Medical ServicePemkot BatuWali Kota Batu Dewanti Rumpoko

Berita Lainnya

Berita

Terbaru