2021, ISPA dan Sederet Penyakit Ini Paling Mendominasi di Kota Malang

Nov 15, 2021 11:41
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Sepanjang tahun 2021, Kota Malang diserang sederet penyakit. Salah satu yang mendominasi adalah penderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), mencapai 60 persen kasus.

Data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, penyakit ISPA telah mendominasi sejak pandemi Covid-19 merebak tahun 2020 lalu hingga saat ini. Pola hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab banyaknya penderita penyakit ini.

Kepala Dinkes Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, keluhan yang banyak dirasakan oleh penderita di antaranya, batuk, radang tenggorokan, hingga penyakit saluran napas lainnya. Di Kota Malang, penderita ISPA berbeda dengan daerah lain yang disebabkan  kualitas udara kota.

Terlebih, memasuki musim penghujan, ISPA sangat mudah menyerang seseorang. Hal ini bergantung pada kondisi imunitas tubuh dari setiap orang. "Musim hujan seperti ini juga bisa menjadi penyebab ISPA jika imun eseorang itu tak dijaga," ujarnya.

Selain ISPA, sederet penyakit lainnya juga mendominasi di masyarakat. Antara lain hipertensi, gangguan otot, dan diabetus militus. Karena itu, Husnul mengimbau masyarakat Kota Malang bisa menjaga pola hidup sehat dan menjaga pola makan.

"Beberapa kasus ini memang yang menjadi masalah kesehatan di masyarakat. Dilihat di tahun ini, tertinggi masih ISPA, tahun lalu juga di peringkat pertama," jelasnya.

Karena itu, kualitas hidup seseorang sangat berpengaruh dalam kesehatan. Jika imunitas terjaga, datangnya penyakit akan bisa diminimalisasi dan dicegah.

Dinkes juga menyoroti  kondisi kebersihan lingkungan sekitar. Sebab, di samping adanya virus, munculnya penyakit dipengaruhi  kualitas hidup seseorang dalam menjaga kesehatan.

"Ini lebih banyak ada di pola hidup sehat, kemudian pola makan. Bagaimana masyarakat menjaga itu, baik dari asupannya, dari kualitas istirahatnya dan mungkin kesehatan lingkungannya," pungkas Husnul.

Topik
Dinas Kesehatan kota malangDinkes Kota MalangPenyakit ISPABerita Malangdr Husnul Muarif

Berita Lainnya

Berita

Terbaru