Stadion Brantas Kota Batu Bakal Direvitalisasi, Rencana Ada Sayembara Design Bangunan

Nov 14, 2021 20:00
Stadion Brantas Kota Batu yang kini digunakan relokasi pedagang pasar pagi. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Stadion Brantas Kota Batu yang kini digunakan relokasi pedagang pasar pagi. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Revitalisasi Stadion Gelora Brantas Kota Batu bakal dilakukan nantinya setelah revitalisasi Pasar Besar Kota Batu. Detail Engineering Design (DED) ancang-ancang mulai dipersiapkan oleh Pemkot Batu.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, jika design bangunan revitalisasi Stadion Gelora Brantas bisa dilakukan dengan sayembara. Hal tersebut diungkapkannya setelah adanya masukan dari warga.

“Untuk DED pembangunan stadion ada masukan dari beberapa warga untuk disayembarakan design gambarnya,” kata Dewanti. 

Hal ini dilakukan agar bentuk bangunan bisa lebih baik dan modern dalam pembangunannya. Adanya masukan tersebut dari Wali Kota Batu, Kepala Dinas Perumahan, Kawaan Permukiman dan Pertanahan Kota Batu Bangun Yulianto menambahkan, jika design bangunan disayembarakan ada plus-minusnya. Plus-nya akan banyak kreasi yang muncul.

“Minusnya hanya tampilan tidak ke struktur,” ucap Bangun. 

Jika disayembarakan perlua adanya konsultan DED agar hasilnya bisa maksimal. Sementara untuk arsitek pelaksana pembangunan minimal memiliki kualifikasi madya.

Sedangkan untuk study tirunya harus mencari stadion yang luasnya mirip dengan geografis stadion di Kota Batu. Yakni dengan memperhatikan sistem drainase dan penanaman rumput.

Revitalisasi Stadion Brantas itu muncul setelah adanya permintaan Askot PSSI Kota Batu. Pasalnya, Stadion Brantas saat ini tengah digunakan untuk relokasi pedagang pasar pagi hingga di area lapangan.

Topik
sayembara design bangunankepadatan arus lalinWalikota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru