Car Free Day Bakal Dibuka Bila Kota Malang Turun Level ke PPKM 1

Nov 14, 2021 19:43
CFD Kota Malang sebelum ditutup karena Pandemi Covid-19 (doc MalangTIMES)
CFD Kota Malang sebelum ditutup karena Pandemi Covid-19 (doc MalangTIMES)

JATIMTIMES - Car Free Day (CFD) Kota Malang di sepanjang Jalan Ijen Kota Malang yang biasanya digelar setiap minggu, hingga kini masih belum bisa digelar seperti waktu-waktu sebelumnya. CFD Kota Malang akan kembali digelar jika level PPKM Kota Malang turun ke level 1.

Wali Kota Malang Sutiaji menjelaskan, jika saat ini Kota Malang masih berada pada level II. CFD akan kembali digelar bila level Kota Malang turun ke level I. "CFD masih belum dibuka, masih level II," tuturnya, Minggu (14/11/2021).

Untuk menuju level I, dijelaskan Sutiaji, jika capaian vaksinasi Covid-19 lansia menjadi pertimbangan dan syarat penentu untuk turun level. Sehingga bisa kembali membuka CFD yang sudah banyak ditunggu masyarakat.

"Saat ini, capaian vaksinasi lansia telah mencapai 58 persen. Kurang dua persen (60 persen target). Insyallah level I kita buka,"  jelasnya.

Sementara itu, Apriliani Isnandari warga Kecamatan Sukun yang kerap ke lokasi CFD sebelum pandemi dulu, mengatakan, jika pihaknya sangat berharap untuk segera dibukanya kembali CFD. Selain karena menjadi lokasi favorit masyarakat ketika berolahraga maupun berlibur. CFD juga merupakan salah satu icon dari Kota Malang yang banyak diketahui masyarakat.

"Ya harapnya bisa segera digelar kembali. Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.  Sudah banyak orang mungkin menunggu," ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Husnul Muarif menambahkan, terkait capaian vaksinasi memang saat ini Kota Malang kurang dua persen dari target 60 persen vaksinasi untuk lansia untuk menuju level 1.

"Kalau untuk 100 persen kami targetkan 83 ribu lansia," tuturnya.

Untuk itu, pihaknya saat ini terus berupaya untuk melakukan percepatan vaksinasi. Stok vaksin yang di Kota Malang sendiri masih aman untuk dosis satu dan dua, baik itu untuk jenis vaksin Sinovac maupun Astrazeneca.

"Hambatan vaksinasi lansia ini adalah kondisi lansia komorbid," pungkasnya.

Topik
Car Free Day Kota MalangWalikota MalangBerita olahraga Lumajang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru