Kasus Aktif Covid-19 Kabupaten Malang Peringkat 2 di Jatim

Nov 14, 2021 18:56
Kepala Dinkes Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo.(Riski Wijaya/MalangTIMES).
Kepala Dinkes Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo.(Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Kabupaten Malang saat ini berada di peringkat kedua di Jawa Timur (Jatim) terkait jumlah kasus aktif Covid-19. Dikutip dari akun instagram Kominfo Jatim pada Sabtu (13/11/2021) kemarin, jumlah kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Malang sebanyak 20 kasus.

Sementara peringkat teratas adalah Kota Surabaya. Di mana, jumlah kasus aktif Covid-19 nya masih ada sebanyak 21 orang. Hal itupun juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo. 

"Iya benar, di Kabupaten Malang jumlah kasus aktif Covid-19 ada 20. Kami laporan hariannya memang rendah, tapi jumlah itu mengalami penurunan dari sebelumnya," ujar Arbani, Minggu (14/11/2021).

Arbani menjelaskan, jumlah tersebut juga dipengaruhi tingkat penyembuhan pasien Covid-19 yang cenderung lambat. Apalagi jika dibandingkan dengan daerah kabupaten atau kota lain di Jawa Timur. 

"Penyembuhan kita lambat dengan Kota/Kabupaten lain di Jatim, tapi jumlah sekarang itu menurun, Minggu lalu di Kabupaten Malang jumlah kasus aktif Covid-19 itu sekitar 25-28 orang," jelasnya.

Menurut Arbani, tambahan kasus positif itu tercatat tertinggi di Juli hingga Agustus 2021 lalu. Beruntungnya, di Oktober kemarin malah trendnya mengalami penurunan.

"Penurunan di Kabupaten Malang sangat rendah, untuk itu saya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan segera mengikuti vaksinasi agar tidak sakit meski terpapar Covid-19," terangnya.

Sedangkan, lanjut Arbani, vaksinasi lansia di Kabupaten Malang saat ini sudah mencapai 48,7 persen. Jika ditinjau secara keseluruhan, capaian vaksinasi sudah mencapai 72,50 persen dari jumlah penduduk.

"Untuk vaksinasi lansia, kami akan menggunakan vaksin jenis Johnson n Johnson atau biasa disebut Janssen. Ini merupakan bagian dari upaya percepatan vaksinasi untuk lansia. Kami memakai Janssen ini karena lebih mudah penggunaannya, dan hanya perlu satu dosis saja," pungkasnya.

Sementara itu, dikutip dari laman satgascovid19.malangkab.go.id, hingga saat ini sudah ada 1.492.680 jiwa yang telah divaksin. 1.001.267 diantaranya sudah divaksin hingga dosis kedua dan sebanyak 8.823 jiwa yang telah divaksin hingga dosis ketiga. 

Topik
kasus wik wikDinkes Kabupaten Malangvaksinasi lansia

Berita Lainnya

Berita

Terbaru