Tips Menjaga Kesehatan Mental ala Hospital Playlist

Nov 14, 2021 15:29

Hai drakor lovers, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan drama korea "Hospital Playlist". Salah satu drama favorit yang banyak ditonton, karena ceritanya yang related banget dengan kehidupan sehari-hari.

Drakor Hospital Playlist ini menceritakan  persahabatan lima sekawan yang sama-sama menjadi dokter namun memiliki karakter berbeda-beda. Tuntutan dari tanggung jawab juga tekanan sebagai profesi dokter, seperti pada saat menghadapi berbagai sifat pasien dan emosinya. 

Hal itu tentu mempengaruhi kesehatan mental mereka. Meskipun mereka berprofesi sebagai dokter, tidak menutup kemungkinan mereka juga akan mengalami gangguan pada kesehatan, khususnya kesehatan mental.

Setiap pekerjaan tentu memiliki dampak negatif dan positif bagi kesehatan mental kita dan hal ini pasti tidak bisa di hindari. Namun, dari hal-hal tersebut kita bisa mencari cara agar kita tidak mudah merasa jenuh dan stres.Berikut beberapa aktivitas yang dilakukan oleh kelima dokter tersebut untuk menjaga kesehatan mental mereka:

Latihan Band

Rutinitas ini biasanya dilakukan untuk melepaskan penat setelah mereka bekerja seharian. Secara psikologis musik juga bisa membangkitkan dampak positif bagi kesehatan mental. Selain melakukan latihan band, mereka juga memanfaatkan waktu di sela pekerjaan mereka untuk bertemu dengan orang-orang tersayang di sekitar mereka.

Mindful Eating

Mindful eating merupakan bagaimana cara kita memproses makanan. Nah, pasti kita tahu bagaimana kebisaan Song-hwa dan Jung-wong pada saat makan. Mereka akan merasa tidak tenang dan selalu terburu-buru seakan-akan mereka dikejar oleh sesuatu. Dari sinilah, Ik-joon memberlakukan aturan khusus pada mereka berdua untuk melakukan kebiasaan unik atau mantra sebelum keduanya makan. Hal itu bertujuan untuk membantu mereka mendapatkan mindful eating seperti orang biasa pada umumnya. Mindful eating dapat membantu seseorang untuk mengatur berat badan, mengatur emosi, terhindar dari diabetes, serta mendatangkan perasaan tenang dan bahagia.

Stay Connected

Seperti yang kita ketahui, dalam drama tersebut mereka selalu menyempatkan diri untuk berkumpul atau sekedar bercerita untuk mengeluhkan sesuatu ditengah kesibukan mereka walaupun hanya sebentar. Nah, secara psikologis berkumpul dengan orang-orang tersayang dapat mengurangi stres dan menaikkan mood menjadi positif.

Nah, dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa menjaga kesehatan mental itu penting dilakukan. Tidak peduli seberapa banyak pekerjaan dan tekanan yang kita dapatkan.

Topik
voice 4

Berita Lainnya

Berita

Terbaru