Gandeng Dinkes Kota Malang, Polresta Malang Kota Gencarkan Vaksinasi Lansia Door To Door

Nov 13, 2021 21:04
Salah satu warga lanjut usia (lansia) yang sedang didata oleh petugas kesehatan untuk dilakukan vaksinasi di kediamannya, Sabtu (13/11/2021). (Foto: Istimewa)
Salah satu warga lanjut usia (lansia) yang sedang didata oleh petugas kesehatan untuk dilakukan vaksinasi di kediamannya, Sabtu (13/11/2021). (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Polresta Malang Kota menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang untuk menggencarkan vaksinasi door to door (dari rumah ke rumah) kepada warga lanjut usia (lansia) yang ada di Kota Malang. 

Langkah tersebut merupakan upaya dari Polresta Malang Kota bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam hal ini Dinkes Kota Malang untuk menuntaskan target vaksinasi lansia, agar level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Malang kembali turun. 

Kegiatan vaksinasi door to door pun akan gencar dilakukan di masing-masing wilayah Polsek jajaran. Hal itu untuk mempermudah pemetaan terhadap lansia atau warga lainnya yang belum tervaksin. 

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto melalui Kapolsek Blimbing AKP Yanuar Rizal Ardianto mengatakan, capaian vaksinasi di wilayah Kecamatan Blimbing saat ini sudah mencapai 63 persen atau sekitar 114 ribu warga Kecamatan Blimbing sudah tervaksin. 

Namun, menurut Yanuar angka prosentase vaksinasi yang belum mencapai 70 persen di wilayah Kecamatan Blimbing tersebut terkendala dengan capaian vaksinasi bagi warga lansia. 

"Terkendala capaian vaksinasi lansia yang masih minim, oleh karena itu kami semua diarahkan untuk meningkatkan capaian vaksinasi lansia ini," ungkap Yanuar, Sabtu (13/11/2021). 

Pihaknya bersama jajaran Forkopimcam Blimbing pun menargetkan untuk vaksinasi lansia secara door to door dapat memenuhi target. Setidaknya dari 11 kelurahan yang ada di Kecamatan Blimbing, pihaknya menargetkan minimal 250 sampai 300 lansia sudah tervaksin. 

Untuk pelaksanaannya, tim vaksinator dan tenaga kesehatan dari Dinkes Kota Malang, Dokkes Polresta Malang Kota, Babinsa, Bhabinkamtibmas mendatangi langsung ke rumah warga lansia. 

"Untuk tenaga kesehatan yang terlibat dalam kegiatan ini, kami kerahkan sebanyak 20 orang," ujar Yanuar. 

Salah satu kawasan di Kecamatan Blimbing yang menjadi sasaran vaksinasi door to door yakni di wilayah RT 5/RW 16, Kelurahan Bunulrejo, sekitar lima warga lansia yang bersedia menerima vaksinasi door to door. 

Sebelum menerima suntikan vaksin, warga lansia terlebih dahulu harus diskrining untuk melihat kondisi kesehatan lansia tersebut. Setelah memenuhi syarat, para lansia langsung menerima suntikan vaksin serta mendapatkan bantuan paket sembako. 

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Malang dr Husnul Muarif menyampaikan, terkait indikator penurunan level PPKM adalah tingkat capaian vaksinasi terhadap warga lansia. 

"Untuk masuk ke (PPKM) level 1, minimal 60 persen dari target sasaran sebanyak 83 ribu lansia. Sampai tadi malam, hampir 57 ribu lansia telah divaksin, capaian kita kurang 3 persen, kalau dikonversikan ke angka sekitar dua ribu lansia (belum vaksinasi)," jelas Husnul. 

Dengan upaya vaksinasi door to door kepada para lansia merupakan upaya percepatan vaksinasi demi penurunan level PPKM serta menambah tingkat kekebalan tubuh para lansia dari serangan Covid-19. 

Pihaknya pun mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran Polresta Malang Kota, Kodim 0833/Kota Malang yabg telah membantu Pemkot Malang untuk mencapai target vaksinasi lansia. 

"Terima kasih kepada Kapolsek, Danramil, Camat dan empat puskesmas yang ada di 11 kelurahan wilayah Kecamatan Blimbing, telah mengadakan percepatan vaksinasi lansia," pungkas Husnul. 

Topik
vaksinasi lansiavaksinasi kota malangVaksin Covid 19Vaksinasi Covid 19Polresta MalangDinkes Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru