Anies Baswedan Silaturahmi ke Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, Apa yang Dibicarakan?

Nov 12, 2021 13:28
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar ketika bertemu dan membicarakan beberapa hal penting, Jumat (12/11/2021). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar ketika bertemu dan membicarakan beberapa hal penting, Jumat (12/11/2021). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilurrosyad Gasek untuk bersilaturahmi dengan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur (Jatim) KH Marzuki Mustamar.

Dalam kunjungannya bertemu KH Marzuki Mustamar, Anies didampingi oleh Bendahara Umum PWNU DKI Jakarta Mohamad Taufik.

anis-baswedan-04a8c54a3934f51ec9.png

Sesampainya di kediaman KH Marzuqi, Anies pun sempat menceritakan beberapa pengalaman yang dialami dan sejarah terkait Kiai Ageng Muhammad Besari seorang ulama dari Ponorogo. 

Anies pun mengatakan penjelasan sejarah terkait Kiai Ageng Muhammad Besari tersebut dikarenakan terdapat hubungan sejarah dengan sosok kiai besar dari Ponorogo tersebut.

"Kebetulan sama-sama ada kaitannya dengan Kiai Ageng Besari," ungkap Anies kepada JatimTIMES.com, Jumat (12/11/2021). 

Ketika ditanya apakah terdapat garis keturunan yang sama antara Anies dengan Kiai Marzuki yang mengarah ke Kiai Ageng Besari, Anies mengatakan jika diceritakan akan panjang ceritanya. "Nanti ceritanya panjang, buat edisi berikutnya," ujar Anies. 

Lebih lanjut, mengenai kunjungannya ke Ponpes Sabilurrosyad untuk bertemu Kiai Marzuki, Anies mengatakan kunjungannya untuk menyambung silaturrahmi dan siang ini dirinya akan menghadiri sebuah seminar di Kota Surabaya bersama Kiai Marzuki. 

"Jadi siang ini saya ada seminar di Surabaya, sambil jalan ke seminar, sudah diniatkan waktu itu Pak Kiai datang ke Jakarta ada pertemuan, lalu janjian suatu saat saya tak mampir pas lagi ke Surabaya," terang Anies. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua PWNU Jatim KH Marzuqi Mustamar dan KH Nursalim Mahasin.

Sementara itu, usai silaturahmi dan berbicara santai dengan Kiai Marzuki, Anies pun diajak Kiai Marzuki ke dalam satu ruangan bersama KH Nasirul Mahasin yang merupakan kakak kandung KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha.

Setelah kurang lebih sekitar 25 menit berada di dalam satu ruangan, Kiai Marzuki langsung mengatakan bahwa NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) harga mati. "Hasil bertiga di kamar tadi yang jelas NKRI harga mati," ujar Kiai Marzuki. 

Ketika ditanya lebih dalam membicarakan terkait apa saja di dalam ruangan yang berada di kediamannya tersebut, Kiai Marzuki menuturkan bahwa sedang berdoa. "Berdoa untuk bangsa," ucap Kiai Marzuki.

Topik
Kiai Marzuki MustamarAnies BaswedanGubernur DKI JakartaKetua PWNU Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru