Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Rektor dan Warek UIN Malang Turut Andil Sukseskan Perkemahan Wirakarya Nasional XV

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

11 - Nov - 2021, 19:09

Pramuka UIN Maliki Malang turut mensukseskan PWN XV di Palembang (Ist)
Pramuka UIN Maliki Malang turut mensukseskan PWN XV di Palembang (Ist)

JATIMTIMES - Unsur Pimpinan Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang turut mensukseskan kegiatan pembukaan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) XV di Jakabaring Sport City Palembang, Kamis (11/11/2021).

Dalam kegiatan yang dibuka langsung oleh Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas itu, tiga unsur pimpinan kampus Ulul Albab yang turut andil mensukseskan PWN 2021. Yakni, Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr HM Zainuddin MA beserta Wakil Rektor (Warek) 3 Dr H Akhmad Fatah Yasin dan Wakil Rektor IV Dr H Isroqunnajah.

Menag dalam sambutannya, berharap agar semua pihak bisa menjaga nama baik Kementerian Agama (Kemenag). Dalam sejarah, Pramuka adalah sebagai wadah pembinaan generasi muda dan membawa tanggungjawab yang besar bagi bangsa Indonesia. Pramuka harus mampu beradaptasi dengan lingkungan dan jaman agar tidak tertinggal di masa depan.

1

"Sebagai seorang Pramuka, harus bisa menjaga fasilitas yang ada. Semoga untuk PWN ke depan bisa digelar secara luring," jelasnya.

Ketua Panitia Kakak Prof Dr H M Ali Ramdhani, mengatakan, jika PWN merupakan kegiatan yang menjadi momentum untuk menguatkan nilai-nilai kebangsaan dalam keberagaman, beranekaragam suku dan ragam budaya. "Hal ini diharapkan  bisa menyamakan kebersamaan dalam moderasi beragama," ungkapnya.

2

Sementara itu, Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr HM Zainuddin MA menyampaikan, bahwa momentum PWN merupakan momentum yang stategis. Kegiatan ini menjadi momen bagaimana membangun persatuan dan kesatuan bangsa.

Sebab, peserta PWN tak hanya diikuti oleh perguruan tinggi Islam saja, melainkan juga perguruan tinggi keagamaan non Islam yang berasal mulai dari Aceh sampai Papua. Di tengah perbedaan maupun keragaman dalam momentum ini, kiranya menjadi sebuah tauladan dalam berbangsa. 

"Kita semua harus tetap menjalin persatuan dan kesatuan dan harus belajar dari momentum ini. Kegiatan ini diikuti dari pelosok negeri. Bisa membangun agama yang moderat dan memperhatikan lingkungan kita, sosial kita termasuk bagian dari relasi antara manusia dengan lingkungan hidup," pungkas Prof Zainuddin.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya