Sambut Wisatawan, Pemkab Malang Tambah PJU Menuju Gunung Bromo

Nov 10, 2021 17:39
Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Romdhoni.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Romdhoni.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang berencana akan menambah penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah titik. Terutama di titik ruas jalan yang menjadi akses menuju tempat wisata. 

Salah satunya, yang akan diberi tambahan PJU adalah di beberapa titik ruas jalan menuju kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Penambahan PJU ini akan dipasang di tiga wilayah antara lain, wilayah Pakis, Tumpang dan Poncokusumo. 

"Salah satunya di jalan menuju (Gunung) Bromo. Kalau ke Bromo itukan (wisatawan) berangkatnya malem-malem, jalan sudah diperbaiki, titiknya masih gelap dan idealnya kan PJU juga harus ngikuti," ujar Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Romdhoni, Rabu (10/11/2021).

Menurut Romdhoni, sebenarnya rencana penambahan PJU tersebut adalah program yang direncanakan untuk tahun ini. Namun dengan kondisi keuangan yang direfocusing akibat pandemi Covid-19, maka rencana tersebut terpaksa harus ditunda. 

Dimana selain di jalan yang menjadi akses wisata, penambahan PJU tersebut rencananya juga akan dilakukan di beberapa titik strategis lain di wilayah Kabupaten Malang.

"Sebenarnya hampir merata, selain jalan menuju tempat wisata, juga ada titik strategis lain. Juga ada yang diusulkan warga melalui kelompok masyarakat di daerah tersebut. Tapi karena kondisi keuangannya seperti ini, ya dikurangilah," terang Romdhoni. 

Selain itu menurut Romdoni, bisa saja pada tahun anggaran 2022 mendatang, rencana tersebut bisa kembali menjadi salah satu program prioritas. Sebab, hal tersebut juga dinilai sebagai upaya untuk mendukung potensi pariwisata di Kabupaten Malang. 

"Bisa saja (jadi prioritas), kalau kekuatan anggarannya mampu, kenapa tidak. Kalau yang sempat direncanakan dan dianggarkan itu, dengan jalan yang menuju Bromo, itu Rp 1 Milyar lebih," pungkas Romdhoni. 

Topik
Kabupaten MalangGunung BromoRomdhoni

Berita Lainnya

Berita

Terbaru