Dongkrak Kompetensi Siswa SMK Dharmawanita Kromengan, Ini yang Dilakukan 4 Mahasiswa Unikama

Nov 10, 2021 15:45
4 mahasiswa Prodi Sistem Informasi Unikama beri pelatihan siswa SMK (Ist)
4 mahasiswa Prodi Sistem Informasi Unikama beri pelatihan siswa SMK (Ist)

JATIMTIMES - Bagian dari pengalaman Tri Dharma Perguruan Tinggi, mahasiswa semester 5 Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) memberikan pelatihan kepada siswa kelas 3 jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di SMK Dharma Wanita Kromengan

Hal tersebut dilakukan untuk menambah pengalaman para mahasiswa, sekaligus berkontribusi dalam meningkatkan kompetensi para siswa SMK. Disitu, 4 mahasiswa sharing ilmu-ilmu yang dibutuhkan oleh siswa berkaitan dengan Teknologi Informasi (TI).

Pelatihan ini dilakukan oleh 4 orang mahasiswa antara lain Muhammad Andi Wibowo, M. Andi Rachmansyah, Salsabila, dan Yohana Undi. Mahasiswa ini diarahkan langsung oleh Ketua program Studi (Kaprodi) Sistem Informasi Syahminan SKom MKom.

1

Muhammad Andi Wibowo menerangkan bahwa siswa di SMK Dharma Wanita khususnya jurusan TKJ dan RPL perlu untuk terus mengasah kemampuan. Para siswa tentunya juga harus terus mencari banyak referensi untuk memperkuat bidang ilmu yang dipelajari.

"Berbagai materi mulai dari dasar pembuatan website, bahasa pemrograman maupun tentang html dan css, perlu diperdalam. Di sini bukan hanya penjelasan materi saja, kami juga meminta siswa untuk mempraktikkannya langsung seperti cara untuk coding yang telah dijelaskan sebelumnya,” terang Andi.

Dalam pelatihan ini, 50 siswa SMK dari jurusan TKJ maupun RPL mengikuti pelatihan. Tentunya hal ini juga memberikan dampak positif bagi siswa kelas 3. Selain bisa mempersiapkan uji kompetensi, mereka juga mendapatkan materi yang belum dipelajari di sekolah. 

Sementara itu, perwakilan dari guru TKJ dan RPL SMK Dharma Wanita Kromengan Muhammad Masduki Zen, sangat mendukung dan mengapresiasi pelatihan yang diberikan oleh mahasiswa Prodi Sistem Informasi Unikama.

Selain pengetahuan bertambah, di mana pembelajaran yang belum didapatkan di sekolah kini diberikan dari mahasiswa Unikama. Hal ini juga menjadi bekal dan amunisi para siswa dalam menghadapi ujian nantinya. Bukan hanya itu, pengetahuan yang diberikan tentunya dapat juga menjadi bekal ketika para siswa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

"Pelatihan ini bisa menambah bekal siswa setelah mereka lulus nanti. Saya berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dan mahasiswa Prodi Sistem Informasi bisa membagi ilmu-ilmu lainnya, ” pungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Universitas PGRI Kanjuruhan Malangpelatihan teknik komputer jaringansmk dharma wanita kromengan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru