Manfaatkan Kemajuan Teknologi, RSUD Kota Malang Buat MBOIS untuk Layanan Edukasi Kesehatan 

Nov 10, 2021 14:35
Wali Kota Malang Sutiaji bersama Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat meninjau RSUD Kota Malang, Rabu (10/11/2021). (Foto: Humas Pemkot Malang)
Wali Kota Malang Sutiaji bersama Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat meninjau RSUD Kota Malang, Rabu (10/11/2021). (Foto: Humas Pemkot Malang)

JATIMTIMES - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Malang manfaatkan kemajuan teknologi dengan membuat sebuah program "Mari Bincang-bincang On Instagram Sehat (MBOIS)" untuk memberikan layanan edukasi kesehatan kepada masyarakat. 

Direktur RSUD Kota Malang dr Rina Istarowati mengatakan, pihaknya memang telah menggemakan semangat literasi digital dan menyadari kemajuan teknologi dengan memanfaatkan media sosial dan website sebagai media pelayanan informasi publik. 

"Kalau dulu layanan atau layanan informasi, serta sosialisasi dan edukasi tentang kesehatan harus dilakukan secara konvensional. Harus bertemu langsung, namun kini bisa dilakukan dengan ragam cara," ungkap Rina, Rabu (10/11/2021).

Pemberian layanan kesehatan dengan melakukan optimalisasi pemanfaatan platform digital ini dilakukan saat pandemi Covid-19. Dengan program MBOIS ini pihaknya juga gencar melakukan kampanye hidup sehat. 

"Kami lakukan secara live streaming, dengan berbagai tema tentang kesehatan. Ini juga jadi wadah dokter untuk berkampanye sekaligus berinteraksi dengan warga," tutur Rina. 

Salah satu Program MBOIS yang dijalankan oleh RSUD Kota Malang.

Lebih lanjut, Rina menambahkan cara memanfaatkan platform digital ini juga untuk mengenalkan dan mendekatkan RSUD Kota Malang dengan masyarakat. 

Terlebih lagi, lokasi RSUD Kota Malang lumayan jauh dari pusat kota yakni tepatnya di Jalan Rajasa Nomor 27, Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. 

"Tentu bukan dalam rangka mendorong untuk masuk (rawat inap) di RSUD, tapi warga sekitar pada khususnya bisa memanfaatkan RSUD untuk pemeriksaan rutin, langkah promotif maupun preventif," imbuh Rina. 

Menanggapi langkah tersebut, Wali Kota Malang Sutiaji pun memberikan respons positif dan apresiasi kepada RSUD Kota Malang. Pasalnya, rumah sakit merupakan tempat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

"Saat saya berkunjung dan bertemu dengan para dokter dan para medis di sana (RSUD Kota Malang) saya tekankan dan titipkan, gencarkan dan utamakan langkah-langkah promotif," terang Sutiaji. 

Menurutnya, dalam membangun sebuah kota sehat tentu akan lebih bermakna bila kesadaran akan penerapan pola hidup sehat dan mencegah sebelum sakit terus dilakukan. 

Lebih lanjut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto juga memberikan apresiasi kepada RSUD Kota Malang atas pengoptimalan platform digital. 

"Ini aktualisasi literasi digital dan pemanfaatan media sosial secara berdaya, terima kasih untuk RSUD atas kerja kolaboratifnya," pungkas Widianto.

Sebagai informasi, RSUD Kota Malang telah berhasil meraih juara dua Apresiasi Pengaduan Publik Terbaik (APIK) 2021 pada Awarding Day di Hotel Savana, Kota Malang, Selasa (9/11/2021). Selain itu, RSUD Kota Malang juga telah meraih juara dua Kategori Tata Kelola Pengaduan yang digelar oleh Diskominfo Kota Malang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
RSUD Kota Malangprogram mboisedukasi kesehatan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru