6 Manfaat Wortel yang Jarang Diketahui, Mengurangi Risiko Kanker hingga Turunkan Berat Badan

Nov 10, 2021 08:07
Wortel (Foto: brinky's Organic Groceries)
Wortel (Foto: brinky's Organic Groceries)

JATIMTIMES - Wortel merupakan tanaman yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Wortel juga menjadi salah satu tanaman yang direkomendasikan sebagai asupan vitamin A.

Tanaman ini termasuk tanaman yang multifungsi karena dapat digunakan untuk kecantikan juga. Melansir melalui laman Healthline, berikut 6 manfaat wortel yang harus diketahui:

1. Mengurangi risiko kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang memiliki risiko kematian tinggi. Bagi penderita tentu harus benar-benar menjaga kesehatan.

Salah satu caranya yakni dengan mengkonsumsi wortel. Wortel kaya akan karotenoid, sehingga dapat melindungi diri dari serangan beberapa jenis kanker.

2. Bagus untuk menu diet

Manfaat wortel lainnya adalah sangat baik digunakan untuk menu diet. Hal itu karena wortel merupakan salah satu tanaman yang memiliki kalori rendah.

Makan wortel juga bisa menurunkan rasa lapar. Sehingga mereka yang diet tidak akan mengkonsumsi terlalu banyak makanan.

3. Sumber serat

Biasanya kandungan serat tinggi terdapat pada sayuran hijau. Namun, wortel ternyata juga mengandung serat yang cukup tinggi.

Di dalam wortel berukuran sedang mengandung serat kurang lebih sebanyak 2 gram. Manfaat wortel yang begitu besar ini bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya dan bisa meningkatkan kesehatan.

4. Sumber nutrisi

Wortel juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa nutrisi yang ada pada wortel yakni vitamin A, biotin, vitamin K1, potasium, dan vitamin B6.

Mengkonsumsi wortel setiap hari dapat dipastikan tubuh akan mendapatkan nutrisi yang cukup.

5. Menurunkan kolesterol dalam darah

Kolesterol adalah salah satu penyakit yang harus segera ditangani. Karena apabila kolesterol dalam darah tinggi, dapat bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Mengkonsumsi wortel pun diklaim bisa membatu menurunkan kolesterol

6. Untuk kesehatan mata

Bagi orang yang memiliki gangguan penglihatan, disarankan untuk mengkonsumsi wortel secara rutin. Kandungan vitamin A di dalam wortel dapat menyembuhkan masalah mata seperti rabun senja, mata minus, dan masih banyak lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
wortelmanfaat wortelkandungan wortelObat Kankermenu dietmenu kesehatanDunia kesehatan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru