Tunjang Kualitas Pendidikan, Tim Pengabdian UM Gelar Pelatihan Manajemen Pembelajaran Online

Nov 08, 2021 16:06

Dosen Falkutas MIPA UM (Universitas Negeri Malang) Dr Robi Kurniawan MSi,  Joko Utomo SSi MSc, dan Bakhrul Rizky Kurniawan SPd MPd memberikan materi pembelajaran kepada sejumlah guru dan siswa  di MTs Miftahul Huda Tuban.   Pelatihan ini diberikan untuk mengatasi sejumlah permasalahan pendidikan di saat pandemi. 

Selama pandemi, banyak waktu pembelajaran di kelas tersita dan alokasi waktu pembelajaran teralihkan untuk melaksanakan tugas tambahan sehingga berpotensi menyebabkan pembelajaran di kelas yang kurang maksimal.

Kepala sekolah MTs Miftahul Huda Tuban menjelaskan bahwa perlu adanya peningkatan kualitas pengajaran di lingkungan MTs Miftahul Huda Tuban serta motivasi dan antusiasme belajar siswa dalam kelas.

Dalam pelatihan ini, beberapa bahasan yang akan disampaikan adalah pembelajaran secara online dengan menggunakan web tool Quizizz dan Google Classroom.  Hal itu belum diimplementasikan di MTs Miftahul Huda Tuban. Tetapi, di sisi lain, sejumlah guru MTs Miftahul Huda Tuban sudah mengenal Google Classroom namun hanya terbatas penerapan penggunaannya.

Pelatihan ini disambut baik oleh guru dan siswa MTs Miftahul Huda Tuban. Dijelaskannya,  pelatihan ini tentunya akan mempermudah dalam pembelajaran dan kuis dalam bentuk media online pada era revolusi industri 4.0.

Dalam pelatihan ini, guru secara langsung bisa mengoperasikan beberapa fitur dalam aplikasi web tool Quizizz dan Google Classroom. Tidak hanya itu. Para guru telah memberikan beberapa kuis pada siswa melalui Quizizz dan materi pembelajaran melalui Google Classroom. Respons yang diterima dari siswa sangat positif dimana banyak siswa yang telah memahami dan dapat mengoperasikan dengan benar.

Pelatihan ini akan berlanjut pada tahun selanjutnya dengan harapan para guru MTs Miftahul Huda Tuban dapat lebih banyak pengetahuan dalam metode pembelajaran berbasis online.

Topik
Sosialisasi pranikah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru