1 Kata yang Tak Pernah Diucapkan Nabi Muhammad SAW Seumur Hidupnya

Nov 08, 2021 08:38
Ilustrasi (Foto: AnnurTV)
Ilustrasi (Foto: AnnurTV)

JATIMTIMES -Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang menjadi suri tauladan bagi seluruh umat Islam. Sudah sepatutnya kita sebagai umat Islam mencontoh segala kebaikan dari Nabi Muhammad SAW. 

Banyak sekali kebaikan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya. Salah satunya yakni disampaikan oleh almarhum Syekh Ali Jaber. 

Syekh Ali Jaber menjelaskan bahwa terdapat satu kata yang tidak pernah diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW seumur hidup. Satu kata yang tak pernah diucapkan Nabi Muhammad SAW seumur itu sebagaimana dijelaskan Syekh Ali Jaber ini mungkin banyak mengundang rasa penasaran.

Syekh Ali Jaber mengatakan satu kata itu tidak pernah diucapkan Nabi Muhammad SAW lantaran akhlaknya yang begitu mulia. Sampai-sampai hal itu dituliskan dalam qasidah atau syair Islami karena begitu mulianya sikap Nabi Muhammad.

Syekh Ali Jaber menyebutkan salah satu akhlak mulia Nabi Muhammad adalah sifat kedermawanannya. Sikap dermawan Nabi Muhammad itu sangat terlihat terlebih saat bulan suci Ramadhan. 

Karena begitu dermawannya, Nabi Muhammad SAW sama sekali tidak pernah mengatakan kata 'tidak' dalam urusan memberi atau kedermawanan. Nabi Muhammad hanya mengatakan kata 'tidak' saat mengucapkan kalimat 'Laa ilaaha illallah' yang artinya 'Tidak ada Tuhan selain Allah'.

Hal itu kemudian diabadikan dalam sebuah syair karena begitu dermawannya Rasulullah SAW.

"Salah satu sifat, akhlaknya Nabi kita Nabi Muhammad SAW adalah kedermawanan. Kedermawanannya terlihat sekali apalagi di bulan suci Romadhon. Sampai ada sebuah qasidah, syair yang pernah berkata Nabi Muhammad saking dermawannya tidak pernah berkata 'tidak', (Nabi Muhammad) hanya (berkata 'tidak') di dalam kata 'Laa ilaaha illallah'," ujar Syekh Ali Jaber.

Rasulullah mengajarkan dan memerintahkan kepada seluruh umatnya untuk melakukan sedekah. Tak cuma mengajarkan dan memerintahkan, namun Nabi Muhammad juga menjalankan dan mengamalkannya sendiri.

"Begitu luar biasa Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk menjaga bersedekah bahkan beliau bukan hanya perintahkan kita bersedekah," sambung Syekh Ali Jaber.

"Tapi Nabi kita Nabi Muhammad SAW sendiri menjalankan dan mengamalkan sedekah," lanjut Syekh Ali Jaber, dikutip melalui tayangan kanal YouTube CTD TV pada 25 Agustus 2021 lalu.

Topik
Nabi Muhammad SAWsyekh ali jaberRasulullah SAWsifayt terpuji rasulullahdunia muslimdunia islamdunia muslim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru