Pemkab Malang Mulai Persiapkan Vaksinasi Anak

Nov 06, 2021 21:39
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Pujon..(Foto:Istimewa).
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Pujon..(Foto:Istimewa).

JATIMTIMES - Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto berharap  hingga akhir Desember 2021 mendatang, capaian vaksinasi di Kabupaten Malang sudah 100 persen. Artinya, 100 persen dari jumlah yang ditargetkan oleh Pemenrintah pusat melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN), yakni sebanyak 2.078.406.

Menurut Didik, hal tersebut juga termasuk vaksinasi kepada anak-anak yang berusia 6 sampai 11 tahun. Dimana hal tersebut saat ini juga telah mulai dilakukan persiapan. 

"Maka inventarisasi ini yang memang harus dilakukan. Kalau sasaran anak-anak di usia 6 sampai 11 tahun ini adalah sasaran yang mudah," ujar Didik. 

Inventarisasi yang dilakukan  juga akan dipermudah jika dilakukan melalui sekolah-sekolah. Baik mulai lembaga pendidikan taman kanak-kanak hingga sekolah dasar. Baik sekolah negeri maupun swasta. 

Di sisi lain, hal tersebut juga untuk mempersiapkan kelonggaran terhadap kegiatan belajar secara tatap muka atau luar jaringan (luring). "Dalam Inmendagri Nomor 57 Tahun 2021 kan level kita (Kabupaten Malang) sudah turun ke level 2. Maka memang harus ada persiapan-persiapan yang khusus dilakukan di sektor pendidikan," terang Didik, yang juga politisi PDI Perjuangan ini.

Persiapan tersebut juga untuk menyikapi kelonggaran-kelonggaran yang juga tercantum di dalam Inmendagri Nomor 57 Tahun 2021. Sehingga, pihaknya juga akan menginventarisasi sekolah-sekolah untuk mengetahui soal capaian vaksinasi bagi siswa dan siswinya.

"Ini kan kita dari 30 persen menuju ke 50 persen untuk kapasitas belajar (tatap muka). Jadi proses belajarnya yang perlu kita (Pemkab Malang) atur. Siapa saja muridnya yang sudah divaksin. Tapi yang belum divaksin, harus tetap dipantau," pungkas Didik. 

Sementara dikutip dari laman satgascovid19.malangkab.go.id, saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten Malang per 5 November 2021, sudah mencapai 70,27 persen. Dari jumlah yang ditargetkan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN), ada sebanyak 2.078.406 warga Kabupaten Malang yang harus divaksin. 

Dengan rincian, sebanyak 1.460.451 jiwa yang sudah divaksin dosis pertama, 877.354 jiwa divaksin dosis kedua dan sebanyak 8.780 jiwa yang sudah divaksin hingga dosis ketiga. Sementara untuk lansia, hingga saat ini sudah mencapai 45,88 persen. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pemkab Malangvaksinasi anakBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru