Kredensialing BPJS, 3 Lembaga Datangi RSI Unisma

Nov 05, 2021 16:21
Suasana tim dari 3 lembaga dan juga RSI Unisma yang melakukan foto bersama usai kredensialing BPJS (Ist)
Suasana tim dari 3 lembaga dan juga RSI Unisma yang melakukan foto bersama usai kredensialing BPJS (Ist)

JATIMTIMES - BPJS Kesehatan melakukan Kredensialing (Uji Kelayakan) di Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma, Jumat (5/11/2021). Kredensialing merupakan peninjauan terhadap rumah sakit yang akan melakukan kerjasama. 

PIC BPJS Kesehatan RSI Unisma, dr Wahyudi Kuncoro menjelaskan, RSI unisma telah menjalin kerjasama dengan JKN BPJS sejak 2014. Proses kredensial ini merupakan peninjauan ulang atau istilahnya rekredisialing, sebab RSI Unisma yang akan memperpanjang kerja sama pelayanan peserta JKN BPJS.

"Maksud dan tujuannya tentunya BPJS memastikan RS Islam Unisma memenuhi persyaratan  untuk dijalin kerjasama," jelasnya.

1

Dalam kredensialing, terdapat beberapa aspek yang ditinjau. Aspek peninjauan itu meliputi fasilitas, SDM, sistem manajemen pelayanan pasien, jejaring dan kesiapan serta pemanfaatan teknologi informasi dalam memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mendapatkan pelayanan di RSI Unisma Malang.

"Yang hadir dalam rekredensial hari ini adalah 3 institusi yang berwenang melakukan  kredesial yaitu Dinas Kesehatan (Dinkes), perwakilan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dan tim BPJS," tuturnya.

Selama ini, dijelaskan Wahyudi, RSI Unisma dalam setiap rekredinsial selalu memenuhi kriteria direkomendasikan untuk bekerja sama dengan BPJS. Berbagai apsek yang ada di RSI selama ini sesuai dengan standar yang ada dan tidak pernah mengalami kekurangan baik dari sarpras, SDM, sistem manajemen dan pemanfaatan IT. Namun demikian, RSI Unisma tetap berbenah untuk memberikan peningkatan pelayanan yang terbaik.

"RSI Unisma saat ini masih melakukan upaya meningkatkan IT dengan melakukan Bridging dengan mobile JKN. Salah satu hasil peninjauan ini, sistem antrean hanya masih di antrean pendaftaran pasien dan perlu tingkatan dengan sistem antrean di poli dan apotek," paparnya.

Kerjasama dengan JKN BPJS ini, merupakan salah satu prioritas karena sesuai visi misi RSI Unisma. Kerjasama ini akan memberikan kesempatan lebih besar RSI Unisma untuk kemaslahatan umat. Sehingga, proses Kredensial ini dianggap menjadi kesempatan RSI Unisma untuk look back apa yang telah dilakukan dan look forward merencanakan perbaikan dan peningkatan layanan.

"Tentunya ini dengan tetap memperhatikan aspek-aspek tinjauan rekredensial yang rutin diselenggarakan," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
kredensial bpjsBPJS KesehatanRSI Unismakredensial rsi unismarumah sakit islam unisma

Berita Lainnya

Berita

Terbaru