11 Korban Banjir Bandang Kota Batu Belum Ditemukan, Pencarian Dilanjutkan

Nov 04, 2021 20:33
Lumpur banjir bandang yang masuk ke rumah warga di Jalan Raya Dieng, Desa Sidomulyo.
Lumpur banjir bandang yang masuk ke rumah warga di Jalan Raya Dieng, Desa Sidomulyo.

JATIMTIMES - Tim gabungan terus melakukan evakuasi dampak banjir bandang yang terjadi di Kota Batu, Kamis (4/11/2021). Hingga malam hari, tim fokus pada pencarian korban yang masih belum ditemukan hingga saat ini.

Kasie Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim mengatakan, tim saat ini fokus untuk pencarian para korban. Selain itu juga evakuasi atau penyelamatan warga yang terdampak banjir serta pembersihan sarana dan prasarana yang terdampak banjir bandang.

“Operasi penanganan darurat sudah berjalan, tapi memang untuk malam ini fokus untuk pencarian pertolongan sama pembersihan dan pemulihan sarana prasarana vital jalan-jalan yang tertutup lumpur,” kata Rochim.

Berdasarkan laporan sementara BPBD Kota Batu, kejadian banjir bandang tersebut menyebabkan 15 orang hanyut terseret aliran sungai yang meluap. Sebanyak 4 orang sudah ditemukan dalam kondisi selamat, namun 11 lainnya masih dalam pencarian.

"Empat (orang) sudah ditemukan. Alhamdulillah selamat semua. Tinggal 11 orang yang belum ditemukan," ucap Rochim.

Tim pun kini tengah menyebar dibeberapa titik bencana di Kota Batu. Lima lokasi yang terdampak yakni, di Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. Jalan Raya Dieng, Desa Sidomulyo, kecamatan Batu. Dusun Beru, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji. Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.

Semetara itu banjir bandang menerjang Kota Batu setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas yang berada di lereng Gunung Arjuno, Kamis (4/11/2021). Alhasil banjir bandang langsung menerjang kawasan persawahan hingga membawa lumpur, pohon, ranting, bambu, hingga menerjang rumah.

Saat banjir melintasi pemukiman warga, alhasil material langsung menghantam rumah mereka. Banjir pun melintas dengan deras dan tinggi. Jembatan pun ikut dihantam hingga memutus jalur antar desa di Kota Batu.

Guna percepatan penanganan banjir bandang tersebut, Tim BPBD Kota Batu dibantu lintas instansi terkait termasuk TNI dan Polri telah melakukan koordinasi, kaji cepat, pendataan lebih lanjut dan menyiapkan lokasi pengungsian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
banjir bandangKota Batubanjir bandang kota batukorban banjir bandang kota batuBPBD Kota Batuberita kota batuBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru