4 Selamat, Belasan Warga Diperkirakan Hanyut Terbawa Banjir Bandang Kota Batu

Nov 04, 2021 20:00
Tumpukan lumpur, pohon, dan ranting yang berada di kawasan Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.
Tumpukan lumpur, pohon, dan ranting yang berada di kawasan Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

JATIMTIMES - Banjir bandang di Kota Batu menyisakan duka mendalam. Selain meluluh lantahkan kawasan Desa Bulukero, Kecamatan Bumiaji, insiden tersebut juga dikabarkan telah menelan korban jiwa. Dari data yang diinformasikan Pusdalops BNPB belasan warga diperkirakan hanyut terbawa banjir, Kamis (4/11/2021).

Dari data sementara, total ada 15 orag yang diperkirakan hilang atau hanyut. Dari 15 korban, 4 orang ditemukan telah selamat, dan 11 orang dalam pencarian. Selain itu, kerugian material lain sementara ini tercatat ada 4 kendaran roda empat hanyut, dan belasan roda dua terbawa banjir.

“Pendataan masih tengah dilakukan,” ungkap pelaksana tugas (plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu.

Petugas gabungan juga berhasil melakukan evakuasi satu survivor, Bayu Agung Setiawan yang merupakan warga Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu. Bayu dievakuasi di Dusun Beru, Desa Bulukerto. 

“Untuk korban terdampak yang lain masih dalam pendataan,” tambah Agung.

Sementara itu, ada lima lokasi yang terdampak yakni, di Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. Jalan Raya Dieng, Desa Sidomulyo, kecamatan Batu. Dusun Beru, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji. Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.

Saat ini, tim gabungan tengah melakukan pencarian dan evakuasi dibeberapa titik yang tersebar. Tim berusaha mencari pada bagian rumah yang sudah tertimbun akibat banjir bandang.

Kemudian warga yang rumahnya teraliri banjir bandang mulai melakukan pembersihan. Material seperti ranting, pohon, sampah, bebatuan bisa masuk ke dalam rumah warga. Bahkan lantai pun tertutup lumpur berwarna hitam.

Alat berat pun kini tengah diturunkan untuk mengangkut material lumpur yang cukup tebal. Warga pun juga melakukan evakuasi pada kendaraan yang terbawa oleh banjir. Kemudian beberapa jembatan pun rusak parah akibat dilalui banjir bandang.

Area persawahan kini juga habis tergerus banjir bandang. Sedang banjir bandang terjadi dipicu curah hujan dengan intensitas tinggi dan adanya sumbatan batang-batang kayu di hulu sungai. Sehingga menyebabkan terjadinya banjir bandang di Kota Batu.

Sementara kondisi cuaca saat ini hujan dengan intensitas ringan. Banjir sudah surut dan menyisakan lumpur.

Berdasarkan beberapa video amatir masyarakat yang tersebar di media sosial, banjir bandang terjadi cukup deras. Beberapa jalanan pun terimbas lantaran derasnya arus banjir. Termasuk putusnya jembatan Sengkaling yang selama ini menjadi salah satu jalur penghubung pengendara roda dua dari Karangploso menuju Dau atau sebaliknya. Kondisi jalanan yang deras dengan air lumpur pun membuat kendaraan roda dua dan empat terseret cukup jauh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
banjir bandangKota Batukorban banjir bandang kota batukorban hanyut banjir bandangberita kota batuBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru