Kota Malang Masih Tunggu Juknis Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun

Nov 04, 2021 11:30
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Lampu hijau dari pemerintah pusat berkaitan dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun disambut baik oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Terlebih, saat ini pemberian vaksin untuk anak-anak sudah diizinkan untuk jenis Sinovac, yang sebelumnya hanya jenis Pfizer.

Di Kota Malang, sebanyak 90 ribu pelajar dari jenjang TK dan SD yang akan menjalani vaksinasi ini. Namun, saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) masih menunggu petunjuk teknis (juknis) yang pasti untuk tahapan jalannya vaksinasi anak tersebut.

Kepala Dinkes Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, pihaknya dalam hal ini juga melakukan koordinasi lanjutan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang. Mengingat, jumlah pelajar TK dan SD di Kota Malang hampir dua kali lipat jika dibanding pelajar usia 12-17 tahun yang hanya 45 ribu orang.

"Kami masih nunggu instruksi dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur supaya ada uji klinisnya terlebih dahulu," ujar Husnul.

Pemberian vaksinasi bagi anak-anak ini dianggap perlu mengingat anak-anak berisiko terpapar vovid-19. Terlebih, saat ini pembelajaran tatap muka (PTM) juga telah dijalankan. Dengan pemberian vaksin, maka akan mengurangi risiko terpapar virus. 

Nantinya,  menurut Husnul,  pelaksanaan vaksinasi anak ini akan mengusung konsep ramah anak. Sebab, potensi kejadian ikut pasca-imunisasi (KIPI) bisa berbeda dengan orang dewasa.

Dalam hal ini, Husnul juga mengimbau kepada para orang tua dan guru untuk mengedukasi perihal vaksinasi covid-19. Harapannya, dengan dilakukannya vaksinasi terhadap anak-anak, herd immunity di wilayah Kota Malang lebih maksimal.

"Kalau herd immunity kita bisa terbentuk, maka angka positif (covid-19) bisa ditekan. Tapi, tetap jangan abai protokol kesehatan," pungkas Husnul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Dinas Kesehatan kota malangKepala Dinkes Kota Malang Husnul MuarifVaksin anak 6 11 tahunBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru