Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Kota Malang Masih Tunggu Juknis Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

04 - Nov - 2021, 11:30

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Lampu hijau dari pemerintah pusat berkaitan dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun disambut baik oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Terlebih, saat ini pemberian vaksin untuk anak-anak sudah diizinkan untuk jenis Sinovac, yang sebelumnya hanya jenis Pfizer.

Di Kota Malang, sebanyak 90 ribu pelajar dari jenjang TK dan SD yang akan menjalani vaksinasi ini. Namun, saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) masih menunggu petunjuk teknis (juknis) yang pasti untuk tahapan jalannya vaksinasi anak tersebut.

Kepala Dinkes Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, pihaknya dalam hal ini juga melakukan koordinasi lanjutan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang. Mengingat, jumlah pelajar TK dan SD di Kota Malang hampir dua kali lipat jika dibanding pelajar usia 12-17 tahun yang hanya 45 ribu orang.

"Kami masih nunggu instruksi dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur supaya ada uji klinisnya terlebih dahulu," ujar Husnul.

Pemberian vaksinasi bagi anak-anak ini dianggap perlu mengingat anak-anak berisiko terpapar vovid-19. Terlebih, saat ini pembelajaran tatap muka (PTM) juga telah dijalankan. Dengan pemberian vaksin, maka akan mengurangi risiko terpapar virus. 

Nantinya,  menurut Husnul,  pelaksanaan vaksinasi anak ini akan mengusung konsep ramah anak. Sebab, potensi kejadian ikut pasca-imunisasi (KIPI) bisa berbeda dengan orang dewasa.

Dalam hal ini, Husnul juga mengimbau kepada para orang tua dan guru untuk mengedukasi perihal vaksinasi covid-19. Harapannya, dengan dilakukannya vaksinasi terhadap anak-anak, herd immunity di wilayah Kota Malang lebih maksimal.

"Kalau herd immunity kita bisa terbentuk, maka angka positif (covid-19) bisa ditekan. Tapi, tetap jangan abai protokol kesehatan," pungkas Husnul.


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Sri Kurnia Mahiruni