Butuh 500 Relawan, Vaksin Merah Putih Unair Siap Diuji ke Manusia Awal Desember

Nov 04, 2021 08:55
Vaksin (Foto: FDA)
Vaksin (Foto: FDA)

JATIMTIMES - Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga (Unair) kini siap memasuki uji klinis terhadap manusia. Uji klinis nantinya akan dilakukan di RSU dr Soetomo Surabaya.

Direktur Pendidikan Profesi dan Penelitian RSUD dr Soetomo Surabaya Prof Dr dr Cita Rosita Sigit Prakoeswa SpKK(K)FINSDV mengatakan, uji klinis akan mulai dilakukan awal Desember 2021. Proses uji klinis akan dibagi dalam dua tahap, seperti uji praklinis pada hewan. "Insya Allah Desember awal uji klinis," kata Prof Cita.

Sedangkan tahap kedua rencananya dilakukan pada 2022. Untuk diketahui, tim peneliti Unair telah menyelesaikan uji praklinis tahap dua pada hewan.

Kini tim Unair tengah menunggu hasil dari BPOM. Pihak RSU dr Soetomo pun tengah melakukan rekrutmen volunteer.

"Kan sudah selesai dengan efikasi baik (uji hewan) dan saat ini kami sedang rekrutmen sampel uji klinis tahap satu," jelas Prof Cita.

Dikatakan bahwa untuk uji klinis vaksin Merah Putih kepada manusia, tim membutuhkan 500 relawan untuk tahap 1 dan 2.  "Mohon doanya. (Saat ini) sudah dalam proses rekrutmen," pungkas Prof Cita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Vaksin Merah PutihTim UnairUniversitas Airlangga SurabayaTim UnairUji klinis ke manusia

Berita Lainnya

Berita

Terbaru