Bupati Sanusi Minta Pendidik di Kabupaten Malang Cakap Digital

Nov 03, 2021 21:19
Bupati Malang HM Sanusi (Foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)
Bupati Malang HM Sanusi (Foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Bupati Malang HM Sanusi meminta kepada para pendidik agar cakap digital. Hal itu sesuai dengan webinar pendidikan yang sempat digelar dengan topik ‘Mewujudkan Guru Cakap Bermedia Digital, Cakap Numerasi, dan Berkarakter Dalam Menghadapi Tantangan Global’ belum lama ini.

“Tantangan di ruang digital saat ini semakin besar dan telah menyentuh semua bidang kehidupan meliputi politik, pemerintahan, ekonomi, sosial-budaya, dan pendidikan, menyikapi hal ini literasi digital menuju masyarakat cakap digital menjadi hal yang wajib dilakukan karena literasi digital selain menuntut penguasaan teknologi,” ungkap Sanusi.

Akan tetapi, hal itu juga harus dibarengi dengan keinginan kuat dari masyarakat untuk terus melek digital. Sehingga dapat menumbuhkan kesadaran bermedia bagi seluruh masyarakat.

“Jadi masyarakat juga dapat menumbuhkan kesadaran untuk bermedia digital dengan penuh tanggung jawab,” ujar Sanusi.

Lanjut Sanusi, dalam perspektif pendidikan, guru sebagai komponen utama pendidikan dituntut untuk mampu beradaptasi dengan metode pendidikan yang perlu dilakukan di era digitalisasi seperti saat ini. Sehingga keahlian dan kecakapan mengajar guru juga dituntut melek dan cakap digital.

“Disisi lain guru juga harus memiliki mindset yang tumbuh dan terbuka, mampu beradaptasi dengan memanfaatkan platform pendidikan, melakukan pembelajaran jarak jauh, menguasai teknik-teknik mengajar yang baru, menggunakan Learning Management System, dan lain sebagainya,” jelas Sanusi.

Pada saat ini tantangan utama guru di era global dan serba digital saat ini adalah bagaimana mencetak lulusan yang berkemampuan menyelesaikan masalah kompleks, berpikir kritis-analitis, dan tetap berkarakter. 

“APKASI sebagai mitra dan perpanjangan tangan pemerintah dengan jaringan di seluruh wilayah Indonesia, berkomitmen untuk mengawal dan mendukung guru-guru di daerah, terutama dalam penguasaan teknologi informasi,” terang Sanusi.

Tidak hanya itu, Bupati Malang juga menjelaskan bahwa guru merupakan garda terdepan pencerdasan generasi emas Indonesia. Guru juga memiliki peran strategis dalam memberikan edukasi dan motivasi kepada peserta didik.

“Untuk itu diharapkan sahabat guru dapat memberikan warna baru bagi geliat literasi dan pendidikan di tanah air,” tegas Sanusi.

Topik
Bupati Malang HM SanusiBUPATI MALANGKabupaten MalangLITERASI DIGITALpencarian korban perahu terbalikBerita PendidikanBerita Malang terkiniBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru