Sederet Jabatan Strategis di Kabupaten Malang Kosong, Mekanisme Pengisian Masih Dibahas

Nov 03, 2021 18:33
Kepala BKPSDM Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Kepala BKPSDM Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang segera mengambil langkah terkait kosongnya jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) saat ini. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang mencatat, saat ini ada 11 JPTP yang masih kosong dan diisi oleh Plt. 

Meskipun sudah mendapat restu dari Bupati Malang HM Sanusi, BKPSDM juga masih harus memformulasikan mekanisme yang akan diambil agar JPTP yang kosong bisa segera terisi. Sementara ini, ada dua mekanisme yang kemungkinan akan digunakan. Yakni dengan seleksi terbuka atau jobfeed, pergeseran dan definitif. 

"Tidak cuma di Eselon II sebenarnya, di jajaran Eselon III juga ada. Ini Insya Allah dalam waktu dekat segera dilakukan," ujar Kepala BKPSDM Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah, Rabu (3/11/2021).

BKPSDM sendiri juga tengah mempersiapkan sejumlah hal. Salah satunya terkait memetakan siapa saja yang kemungkinan bisa mengisi kekosongan jabatan tersebut. 

"Kami siapkan peta jabatan, artinya talent pool. Kami siapkan raportnya dan segala macamnya, dan itu nanti yang akan diputuskan oleh pimpinan," imbuh Nurman. 

Meskipun secara umum, menurutnya tidak begitu ada pengaruh pada jalannya roda pemerintahan, namun dirinya memastikan bahwa hal tersebut akan segera dilakukan dalam waktu dekat. Walaupun memang dirinya tidak memungkiri ada sejumlah keterbatasan pada jabatan yang diisi oleh Plt. 

"Ini kan sistem ya. Jadi sudah antisipasi. Kosong (jabatan) sudah ada Plt. Memang keterbatasan iya (ada), tapi kan ini sistem tetap jalan. Keterbatasan itu bagaimana siasatnya, lari ke atasannya, berarti ke Sekda. Itu pun untuk kebijakan strategis," pungkas Nurman. 

Sebagai informasi, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masih kosong diantaranya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanjuruhan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK), Dinas Perhubungan (Dishub), hingga Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Topik
Kekosongan jabatanKekosongan Jabatan Kepala OPDKabupaten MalangBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru