6 Manfaat Tak Terduga Kacang Kedelai, Cegah Kanker hingga Cerahkan Kulit

Nov 03, 2021 08:25
Kacang kedelai (Foto: Orami)
Kacang kedelai (Foto: Orami)

JATIMTIMES - Bersyukurlah jika Anda sering mengonsumsi kacang kedelai. Pasalnya, ada banyak manfaat kesehatan yang dikandung kacang kedelai. Dari menjaga kesehatan jantung hingga mencerahkan kulit.

 Kacang kedelai adalah salah satu bahan pembuatan makanan pokok yang cukup familiar di kalangan masyarakat, seperti tahu dan tempe. Biasanya, kacang kedelai juga menjadi camilan tradisional yang dimakan setelah direbus terlebih dahulu. 

Meski sederhana, kacang ini ternyata memiliki banyak manfaat tak terduga. Bahan pangan ini sangat kaya manfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan serat, protein, antioksidan, dan isoflavon cukup tinggi.

Apa saja manfaat kacang kedelai untuk kesehatan? Berikut ulasannya, seperti dikutip melalui unggahan akun Instagram @kementerianpertanian:

1. Mencegah kanker

Banyak orang tidak mengetahui kacang kedelai ternyata bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh manusia. Pasalnya, bahan pangan ini tinggi akan kandungan antioksidan yang berperan  menangkal radikal bebas perusak sel tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol

Kacang kedelai juga kaya protein dari asam amino. Sehingga kacang kedelai bisa melindungi tubuh dari penyakit berbahaya seperti serangan jantung.

Tak cuma mengandung asam amino. Isoflavon yang dikandung oleh kacang kedelai diyakini bisa menurunkan kolesterol dalam darah.

3. Mencerahkan dan melembabkan kulit

Ternyata mengonsumsi kacang kedelai juda dapat membantu mencerahkan kulit dan membuatnya selalu kencang. Hal itu disebabkan kacang kedelai mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Tak heran bila orang yang suka mengonsumsinya selalu terlihat awet muda.

4. Mengontrol berat badan tubuh

Orang yang melakukan diet sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang kedelai karena bahan pangan ini kaya manfaat.

Kandungan kadar glikemik indeks yang rendah menjadikan kacang kedelai aman untuk dikonsumsi serta bisa mengontrol pertambahan berat badan.

5. Menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendi

Kacang kedelai juga mengandung mineral  bermanfaat untuk kesehatan tulang. Beberapa mineral di dalamnya yakni magnesium, kalsium, kalium, dan fosfor.

Jika mengonsumsi kacang kedelai setiap hari, kesehatan otot dan sendi akan terjaga dan menjadi semakin kuat.

6. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dalam kedelai juga membantu menjaga saluran pencernaan yang sehat, termasuk masalah buang air besar agar lancar dan teratur.

Manfaat ini juga didapatkan dari kandungan isoflavon di dalam kacang kedelai. Isoflavon merupakan antioksidan yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas.

Selain menangkal radikal bebas, isoflavon dalam kacang ini ternyata dapat membantu kerja usus sehingga sistem pencernaan Anda menjadi lebih lancar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kacang kedelaiManfaat kacang kedelaiMakanan menyehatkanTips jaga kesehatan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru