Satgas Covid-19 Kabupaten Malang Bidik Pusat Keramaian, Kerumunan Masih Ditemukan

Nov 01, 2021 20:44
Satgas Covid-19 Kabupaten Malang saat melakukan operasi di salah satu pusat keramaian di wilayah Kecamatan Kromengan belum lama ini. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES)
Satgas Covid-19 Kabupaten Malang saat melakukan operasi di salah satu pusat keramaian di wilayah Kecamatan Kromengan belum lama ini. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang masih menyasar beberapa titik yang menjadi pusat kerumunan. Hal itu dilakukan untuk melakukan pendisiplinan protokol kesehatan (prokes), termasuk memastikan tidak ada oknum maupun pengunjung yang nakal dan nekat berwisata. 

Namun ternyata, dalam operasi gabungan yang dilakukan beberapa kali, petugas masih menemukan banyak masyarakat yang masih berkerumun. Terutama di akhir pekan. Meskipun, secara umum, masyarakat sudah dinilai disiplin protokol kesehatan.

"Operasinya lebih kepada bersifat imbauan. Meskipun rata-rata sudah sadar prokes, namun setidaknya masih perlu ditegaskan bahwa (Kabupaten Malang) masih dalam masa PPKM level 3," ujar Sekretaris Satpol PP, Firmando Hasiholan Matondang, Senin (1/11/2021).

Menurutnya, hal serupa juga ia tekankan kepada para pengelola wisata. Bahwa hingga saat ini, secara resmi tempat wisata di Kabupaten Malang masih belum diperbolehkan untuk beroperasi.

"Terutama khusus tempat wisata masih tutup. Kalau di beberapa titik yang biasa jadi pusat keramaian masih banyak ditemukan 
pengunjung yang melanggar prokes Covid-19 karena tidak memakai masker dan berkerumun," imbuh Firmando. 

Pantauan di lapangan, sejumlah tempat di Kabupaten Malang yang biasa menjadi pusat keramaian memang sudah mulai banyak dipadati masyarakat. Beberapa tempat yang dimaksud seperti Stadion Kanjuruhan. Di mana meski masih ditutup, ternyata sudah banyak pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sana. 

Sementara itu, wilayah yang menjadi sasaran Satgas Covid-19 yang dinilai masih banyak masyarakat yang berkerumun tersebar di beberapa titik. Seperti Kecamatan Pakisaji, Bululawang, Gondanglegi, Kepanjen dan beberapa tempat lain. 

Topik
Satgas Covid 19Kabupaten MalangTEMPAT WISATAProtokol KesehatanBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru