Songsong Visi Kampus, FITK Targetkan 20 Artikel Terbit di Jurnal Bereputasi Internasional

Nov 01, 2021 17:34
Coaching Clinic Penulisan Artikel Ilmiah, mengundang pakar berkompeten, yakni Prof Dr Irwan Abdullah yang merupakan Guru Besar Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada (UGM) (Ist)
Coaching Clinic Penulisan Artikel Ilmiah, mengundang pakar berkompeten, yakni Prof Dr Irwan Abdullah yang merupakan Guru Besar Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada (UGM) (Ist)

 JATIMTIMES – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) semakin serius untuk menyongsong visi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi PTKIN Unggul dan Bereputasi Internasional. Berbagai upaya telah dilakukan, salah satunya adalah melakukan kegiatan Coaching Clinic Penulisan Artikel Ilmiah dan mendorong para dosen untuk menulis artikel berkualitas.

Coaching Clinic Penulisan Artikel Ilmiah yang digelar, mengundang pakar berkompeten, yakni Prof Dr Irwan Abdullah yang merupakan Guru Besar Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dekan FITK Dr H Nur Ali M Pd mengatakan, Coaching Clinic yang digelar selama dua hari (1-2/11/2021) ini, memang sebagai salah satu upaya membimbing tenaga pendidik agar dapat menulis artikel ilmiah yang baik dan benar, serta dapat mempublisnya di jurnal bereputasi internasional dan terindek Scopus. 

“Dalam kegiatan ini, mereka (dosen) akan benar-benar digodok tentang penulisan artikel berkualitas selama dua hari berturut-turut. Artikel yang baik lahir dari penelitian yang baik dan benar," kata Nur Ali. 

Coaching Clinic Penulisan Artikel Ilmiah ini, diikuti oleh 20 peserta yang merupakan dosen. Dengan jumlah peserta yang tak terlalu banyak, tentunya akan memudahkan dalam penyampaian materi, sehingga coaching yang dilakukan memperoleh hasil yang optimal.

"Output kegiatan yaitu lahirnya artikel ilmiah bermutu. Setidaknya 20 artikel ilmiah peserta ini dapat terbit di jurnal internasional terindeks Scopus tahun depan," ujar Nur Ali. 

Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Prof Dr M Zainuddin MA mengharapkan, agar para dosen agama dapat terus mengkreasikan metodologi keagamaan, kajian ilmu hadis dengan kajian-kajian riset modern. 

"Dengan begitu, bisa menghasilkan riset-riset yang dapat menjawab tantangan zaman," ungkapnya saat membuka Coaching Clinic. 

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut Prof Dr Irwan Abdullah mengupas tentang bagaimana menulis jurnal yang baik. Setiap dosen diminta untuk mempresentasikan draft tulisannya. Setelah itu, tulisan masing-masing dosen diberikan feedback oleh pemateri. Artikel yang telah diberi feedback, dapat diedit dan disubmit di jurnal bereputasi internasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
UIN MalangDosen UIN MalangUIN Maliki Malangjurnal internasional

Berita Lainnya

Berita

Terbaru