Kelonggaran PPKM, Tol Malang-Pandaan Dilalui 50 Ribu Kendaraan dalam Sehari

Nov 01, 2021 16:34
Pintu exit tol Singosari (foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)
Pintu exit tol Singosari (foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Kelonggaran PPKM akhir-akhir ini berimbas pada peningkatan lalu lalang kendaraan di jalan tol Pandaan-Malang. Tercatat pada 31 Oktober 2021 kemarin, ada sekitar 50 ribu kendaraan yang melintas dalam sehari.

Berdasarkan data, PT Jasa Marga Pandaan Malang, Minggu (31/10/2021) kemarin, jumlah lalu lintas yang melintas di tol sepanjang 38,4 kilometer itu mencapai jumlah tertinggi selama pandemi Covid-19, yakni sekitar 50 ribu kendaraan sehari.

“Selama pandemi covid-19 baru Minggu (31/10/2021) kemarin paling tinggi,” tutur Direktur Operasi PT Jasa Marga Pandaan Malang, Siswantono saat dikonfirmasi, Senin (1/11/2021).

Jumlah 50 ribu kendaraan yang melintas per hari itu menurut Siswantono adalah hampir sama dengan jumlah harian kendaraan sebelum covid-19 di tol Malang-Pandaan. Namun saat pandemi ini, memang jumlah kendaraan jauh lebih turun dibanding biasanya.

“Hampir sama dulu sebelum covid-19 itu ya 50 ribu-an sampai 60 ribu-an kendaraan per hari hampir sama yang kemarin. Jadi ini merupakan trend positif untuk peningkatan perekonomian,” tutur Siswantono.

Menurut Siswantono, peningkatan jumlah kendaraan itu salah satunya dipengaruhi sudah mulai dibukanya tempat wisata di Malang Raya. Selain itu, juga diperbolehkannya anak usia di bawah 12 tahun untuk masuk ke tempat wisata.

“Kan pasti tujuan utama ke Batu tempat wisata. Dan juga anak boleh ke sana pasti banyak yang akses tol lebih cepat,” terang Siswantono.

Selain itu, dibukanya perkuliahan dengan metode hybird di sejumlah kampus di Kota Malang juga menjadi faktor lain mengapa kendaraan yang memasuki jalan tol meningkat.

“Dan ini kalau full PTM (Pembelajaran Tatap Muka) pasti akan jauh lebih meningkat (kendaraan yang melintas) prediksi kami,” kata Siswantono.

Sementara itu, trend peningkatan kendaraan yang melintas di Jalan Tol Pandaan-Malang ini sudah dimulai sejak awal Oktober 2021. Hal itu juga dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah yang sedikit melonggarkan untuk sektor perekonomian.

“Hariannya sudah 30 ribu kendaraan dan 40 ribu dan puncaknya kemarin Minggu itu,” ucap Siswantono.

Sebelumnya, kendaraan secara harian yang melalui Jalan Tol Pandaan-Malang selama awal pandemi covid-19 berkisar antara 5 ribu hingga 15 ribu kendaraan. Dan puncaknya bisa mencapai 45 ribu per hari ketika masuk lebaran.

“Dan memang yang paling puncak itu ya pas lebaran kemarin 14 Juli itu saja masih 45 ribu di bawah rata-rata harian sebelum pandemi,” jelas Siswantono.

Topik
Tol Malang Pandaanbin jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru