Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemerintah Siapkan Aplikasi Tracing di Sekolah dalam Masa PTM

Nov 01, 2021 14:18
Sekolah (Foto: Pintek)
Sekolah (Foto: Pintek)

JATIMTIMES - Pemerintah disebut akan membuat aplikasi pro aktif tracing untuk menelusuri temuan kasus Covid-19 di sekolah selama pembelajaran tatap muka (PTM) di masa pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi. Nantinya aplikasi itu bakal dibuat untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di sekolah selama PTM.

Muhadjir menyebut aplikasi yang dibuat melalui kerja sama antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), dan Kementerian Agama (Kemenag) itu akan terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

"Untuk mengantisipasi dampak PTM, kemenkes bekerja sama dengan Kemendikburistekdikti, dan juga Kemenag akan membuat aplikasi proaktif tracing yang akan diterapkan di Indonesia, yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi," kata Muhadjir dalam jumpa pers daring, Senin (1/11/2021).

Muhadjir mengatakan pemerintah juga akan mulai melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap anak-anak di bawah usia 11 tahun. Namun, pihaknya saat ini masih menunggu izin. 

Vaksinasi terhadap anak-anak nantinya akan difokuskan pada wilayah dengan tingkat vaksinasi terhadap kelompok lanjut usia (lansia) yang tinggi.

"Pelaksana vaksinasi untuk lansia tetap difokuskan, untuk vaksinasi terhadap anak-anak, setelah izin dan diterapkan di tahap awal yang sudah tinggi vaksinasi terhadap lansia," kata Muhadjir. 

Kendati demikian, Muhadjir belum mengumumkan perpanjangan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa-Bali yang diketahui berakhir hari ini. Meski tren kasus terus melandai, pemerintah sebelumnya mengaku akan terus mengevaluasi pelaksanaan PPKM di Indonesia setiap 2 pekan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
aplikasi tracing covid 19pembelajaran tatap mukaMenko PMK Muhadjir Effendy

Berita Lainnya

Berita

Terbaru