Targetkan November Level 1 PPKM, Pemkot Batu Kejar Vaksinasi Lansia

Oct 31, 2021 15:10
Tenaga kesehatan saat melakukan vaksin kepada warga di Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)
Tenaga kesehatan saat melakukan vaksin kepada warga di Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Percepatan vaksin Covid-19 terus dikebut Pemkot Batu. Termasuk pada kategori lanjut usia (lansia) yang akan dilakukan dari pintu ke pintu (door to door) dalam waktu dekat.

Percepatan terus dilakukan agar Kota Batu bisa mentas dari level 2, dan masuk pada level 1. Supaya bisa mencapai level 1, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) capaian vaksinasi pada lansia harus 60 persen.

Sedangkan hingga saat ini, vaksinasi lansia sudah mencapai 48 persen. Dengan demikian tinggal 12 persen lagi capaian dosis pertama lansia bakal tembus 60 persen.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menargetkan capaian vaksinasi pada lansia 60 persen agar bisa mewujudkan target status level 1 di bulan November. “Untuk vaksinasi lansia sudah mencapai target 48 persen. Saya minta Dinkes bisa mencapai 60 persen, supaya November bisa turun level,” kata Dewanti.

Karena itu Dewanti meminta adanya percepatan vakasinasi dilakukan dari pintu ke pintu. Supaya bisa maksimal Pemkot Batu bersama Forkopimda telah melakukan pendataan kepada lansia.

Selain itu Dewanti juga meminta percepatan vaksinasi dosis kedua segera dilakukan percepatan. Sedang vaksinasi dosis pertama mencapai 150.990 dosis dengan presentase 91,55 persen.

Dosis kedua mencapai 107.544 dosis atau 62,15 persen. Jadi total vaksin Covid-19 yang sudah tersuntikkan mencapai 254.729 atau 77,22 persen.

Meski kasus sudah melandai, Dewanti mengimbau warga yang belum vaksin segera melakukan vaksinasi Covid-19. Kemudian tetap waspada dan menerapkan 6M.

Yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga kesehatan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas atau bepergian kecuali untuk keperluan sangat mendesak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Vaksinasi Covid 19vaksinasi lansiavaksinasi kota batuPemkot BatuDewanti Rumpoko

Berita Lainnya

Berita

Terbaru