Tour Virtual Gowes Wisata Nasional Kota Batu Sukses Digelar, Grand Prize Mobil Diboyong Warga Kota Batu

Oct 31, 2021 14:57
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat mengundi nomor tiket peserta di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani, Minggu (31/10/2021).
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat mengundi nomor tiket peserta di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani, Minggu (31/10/2021).

JATIMTIMES - Tour Virtual Gowes Wisata Nasional Kota Wisata Batu sukses digelar Dinas Pariwisata Kota Batu bersama Polres Batu. Pengundian untuk menentukan pemilik Grand Prize 1 unit mobil Daihatsu Ayla warna putih pun telah dilakukan secara virtual di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani, Minggu (31/10/2021).

Pengundian itu langsung dilakukan oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dengan memutar tabung yang di dalamnya terdapat nomor tertempel pada bola-bola berwarna orange. Dari ribuan peserta keluarlah nomor tiket 0727, yang beruntung meminang 1 unit mobil Daihatsu Ayla.

Yang beruntung memiliki nomor itu adalah Irfan Arif dari komunitas LCC, warga Dusun Kedung, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Tour-Virtual-Gowes-Wisata-Nasional-Kota-Batu3c69657a129db53cf.jpg

Bukan hanya Wali Kota Batu, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi, Sekda Kota Batu Zadiem Efisiensi, Kapolres Batu I Nyoman Yogi Hermawan, Ketua Perhimpunan Hotel Restorant Indonesia (PHRI) Kota Batu Sujud Hariadi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Onny Ardianto, dan sebagainya satu per satu mengundi untuk mengeluarkan nomor pemenangnya.

Selain mengumumkan pemenang grand prize, juga diumumkan perlombaan Gowes Foto Contest perorangan dan kelompok dengan hadiah total puluhan juta rupiah. Yakni juara I Rp 7,5 juta, juara II Rp 5 juta, juara III Rp 2,5 juta, Juara Harapan I Rp 1,5 juta, Juara Harapan II Rp 1 juta, dan Juara Harapan III Rp 750 ribu setiap kategori.

Pelaksanaan kegiatan ini sebelumnya sempat tertunda lantaran adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Namun akhirnya terselenggara lancar, lantaran peserta diminta untuk berangkat dari tempatnya masing-masing.

Kemudian menyelesaikan misinya dengan melakukan gowes sepanjang 15 kilometer. Dalam perjalanan peserta wajib untuk merekam gowes virtual melalui aplikasi STRAVA.

Tour-Virtual-Gowes-Wisata-Nasional-Kota-Batu200798e9ccea912d2.jpg

Mereka harus melakukan gowes tersebut dibuka sejak 10-27 Oktober. Sebagai buktinya, rekaman dikirimkan kepada peserta pada 28 Oktober dan pengundian dilaksanakan pada 31 Oktober.

“Bukti perjalanan dengan cara screenshot, lalu menyertakan nomor peserta ID Card/kupon atau langsung share link ke salah satu nomor admin,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq.

Peserta yang mengikuti even ini mencapai 2.015 orang dari berbagai daerah di Indonesia. Arief menambahkan, even ini digelar sebagai upaya pengembangan promosi destinasi wisata, sekaligus sarana promosi bidang kreatif melalui kegiatan bersepeda.

“Lewat even seperti ini cara yang berbeda untuk memperkenalkan dan mempromosikan beragam daya tarik wisata yang ada di Kota Batu,” tambah Arief.

Dengan tujuan mempromosikan pariwisata dan keindahan alam yang tersebar di Kota Batu, sekaligus memperingati Hari Jadi ke-20 Kota Batu dan HUT Bhayangkara Tahun 2021.

Sementara itu Kapolres Batu, AKBP I Nyoman Yogi Hermawan mengatakan, jika even ini kali pertama digelar secara virtual, namun sukses digelar di tengah pandemi Covid-19. “Kegiatan Gowes Wisata kali ini kita gelar secara virtual, mengingat adanya Pandemi Covid-19. Acara juga sempat mengalami penundaan, tetapi tidak mengurangi antusias peserta," kata Yogi.

Tour-Virtual-Gowes-Wisata-Nasional-Kota-Batu1f52dd8e9af3bbda7.jpg

Sedang Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, mengapresiasi kegiatan ini karena olahraga dapat dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Acaranya keren dan tidak membuat kerumunan, peserta juga bisa melihat dan menikmati destinasi Wisata yang ada di Kota Batu,” ujar Dewanti.

Tahun mendatang Dewanti berharap penyelenggaraan jauh lebih meriah lagi dengan menggandeng dinas lain.

“Misalnya kolaborasi dengan Dinas Lingkungan (DLH) Kota Batu. Jadi selain bersepeda juga ada penanaman pohon,” terang Dewanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
gowes virtual kota batugowes virtualgowes virtual nasional

Berita Lainnya

Berita

Terbaru