Temui Sarang Tawon di Rumah, DPKP Kota Batu: Hubungi Kami

Oct 30, 2021 19:52
Petugas saat melakukan proses evakuasi sarang tawon di Kota Batu. (Foto: DPKP Kota Batu)
Petugas saat melakukan proses evakuasi sarang tawon di Kota Batu. (Foto: DPKP Kota Batu)

JATIMTIMES - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Batu sejak Januari 2021 hingga saat ini berhasil mengevakuasi sarang tawon di 10 titik di Kota Batu. Jumlah tersebut tergolong banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Evakuasi sarang tawon tahun ini cukup banyak,” kata Komandan Regu Brama DPKP Kota Batu, Fauzan. 

10 titik tersebut tersebar di seluruh kecamatan di Kota Batu. Terakhir, pihaknya mengevakuasi sarang tawon di kawasan Jalan Abdul Gani Atas, 19 Oktober 2021 lalu. Di dalam satu lokasi itu, tim tersebut mengevakuasi sarang tawon di tiga titik.

Karena itu Fauzan mengimbau kepada warga jika mendapati sarang tawon di sekitar rumah agar menghubungi DPKP Kota Batu. Sebab DPKP Kota Batu bukan hanya menanggulangi kebakaran saja, tapi juga punya keahlian khusus untuk mengevakuasi hewan.

Fauzan pun menegaskan agar warga tidak mengevakuasi sarang tawon sendiri karena berbahaya. Apalagi jika tawon yang bersarang merupakan jenis spesies yang berbahaya.

“Karena kalau tawon yang berbahaya bisa luka parah ketika disengat. Jadi jangan sekali-kali mengusik sarang tawon,” kata Fauzan. 

Saat melakukan evakuasi, tentunya petugas menggunakan perlengkapan dan perlindungan diri yang lengkap. Juga keahlian yang mumpuni. Meski demikian, warga tetap diminta untuk waspada juga segera melaporkan jika terdapat sarang tawon agar dievakuasi oleh petugas yang telah memiliki keahlian.

Topik
DPKP Kota BatuSarang Tawonponpes babussalam

Berita Lainnya

Berita

Terbaru