Covid-19 Melandai, Pilkades Siap Digelar 5 Desember 2021

Oct 30, 2021 19:37
Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Malang, Muslimin.(Foto:Riski Wijaya/MalangTIMES).
Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Malang, Muslimin.(Foto:Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Malang akan digelar 5 Desember 2021 mendatang. Kepastian tersebut disampaikan oleh anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang, Muslimin, Sabtu (30/10/2021). Setelah sebelumnya, gelaran pilkades sempat ditunda karena sedang dalam masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). 

Kepastian akan diselenggarakannya pilkades ini juga melihat kondisi pergerakan Covid-19 yang melandai dan terus menunjukan trend positif. Selain itu, capaian vaksinasi di Kabupaten Malang juga menjadi salah satu pertimbangan. 

"Iya memang itu jadi pertimbangannya juga," ujar Muslimin, pria yang juga politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Namun begitu, meskipun kondisi pergerakan Covid-19 sudah melandai dan capaian vaksinasi sudah terus meningkat, pelaksanaan pilkades nanti akan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal itu sebagai bentuk antisipasi agar tidak lagi muncul klaster baru dalam kondisi Covid-19 yang sudah melandai. 

Menurut Muslimin, salah satunya dengan memecah tempat pemungutan suara. Di mana, jika biasanya dipusatkan di kantor desa atau balai desa, maka dalam gelaran pilkades kali ini rencananya akan digelar di masing-masing dusun. 

"Iya, tujuannya agar bisa memecah konsentrasi massa," imbuh Muslimin. 

Awalnya Muslimin menyebut, sempat ada wacana bahwa pilkades yang digelar 2021 hanya bagi desa yang memang masa jabatan kepala desanya sudah habis. Sedangkan untuk Pilkades Antar Waktu, awalnya akan digelar 2022. 

"Lalu kita pertimbangkan efektifitasnya. Sehingga diputuskan akan digelar pada 2021 ini sekalian," kata Muslimin. 

Sementara itu, berdasarkan catatan yang diperoleh dari DPRD Kabupaten Malang, pada 5 Desember 2021 mendatang dijadwalkan ada sebanyak 28 desa yang akan melaksanakan pilkades. 16 desa diantaranya adalah Pilkades Antar waktu. 

Topik
pilkades di kabupaten malanglansia desa sumberagungDPRD Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru