Dapat Bantuan Rp 1 M, Boonpring Ungguli  Ratusan Wisata se Indonesia dalam Program BRIlian

Oct 30, 2021 14:58
Penyerahan secara simbolis reward untuk pengembangan Boonpring dalam Program BRIlian.(Foto: Istimewa)
Penyerahan secara simbolis reward untuk pengembangan Boonpring dalam Program BRIlian.(Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Prestasi membanggakan kembali diperoleh sektor wisata Kabupaten Malang. Kali ini, prestasi tersebut melalui objek wisata Boonpring di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen. Wisata tersebut masuk dalam lima besar program BRIlian yang diselenggarakan  Bank BRI. 

Dengan capaian tersebut, wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kerto Raharjo ini mendapatkan bantuan untuk mengembangkan sarana dan prasarana (sarpras) senilai Rp 1 miliar. 

"Kemarin itu simbolisnya diserahkan melalui kepala desa. Tapi itu untuk pengembangan BUMDes. Itu BUMDes menang lomba dan itu apresiasinya sebagai binaan BRI," ujar Direktur BUMDes Kerto Raharjo Syamsul Arifin, Sabtu (30/10/2021) siang. 

Dalam hal ini, menurut Syamsul,  Wisata Boonpring mengungguli ratusan tempat wisata atau BUMDes di seluruh Indonesia dalam program BRIlian tersebut. Sementara itu, reward senilai Rp 1 miliar tersebut akan diberikan dalam bentuk program, baik pembangunan atau program lainnya. 

"Memang ada beberapa fasilitas yang akan kita benahi. Seperti kantor BUMDes (Kerto Raharjo), gapura, kemudian ada jembatan yang akan jadi ikonnya Boonpring dan  galeri. Kami kan juga membina beberapa UMKM dan belum kami display di Boonpring," terang Syamsul. 

Sementara itu, ada beberapa hal yang dinilai dalam program tersebut. Terutama dari segi pengelolaan dan manajemen. Rinciannya, manajemen organisasi, manajemen keuangan, dan pemberdayaan masyarakat.  "Jadi artinya, dengan keberadaan Boonpring itu, seberapa besar bermanfaat untuk masyarakat," kata Syamsul. 

Sementara itu, saat ini BUMDes Kerto Raharjo dengan wisata Boonpring-nya juga mewakili Indonesia di tingkat ASEAN. Bentuk lombanya, kreativitas BUMDes sebagau lembaga ekonomi desa.

Topik
Ekowisata Boonpring Sanankerto TurenWisata BoonpringBUMDes Kerto RaharjoPerlindungan atlet PON Papua

Berita Lainnya

Berita

Terbaru