BNI Hackathon Festival 2021 Hasilkan  3 Startup Terbaik yang Mampu Bawa Manfaat bagi Masyarakat

Oct 30, 2021 11:47
BNI Hackathon Festival 2021 (Foto: Dok Istimewa)
BNI Hackathon Festival 2021 (Foto: Dok Istimewa)

JATIMTIMESKolaborasi Bank Negara Indonesia (BNI) dengan Komunitas Startup Singo Edan Malang (STASION) yakni BNI Hackathon Festival 2021 telah mencapai puncak acara. BNI Hackathon Festival 2021 sendiri adalah kompetisi untuk membuat aplikasi atau program dalam batas waktu terbatas.

Meski dilaksanakan secara virtual, pandemi Covid-19 nyatanya semakin memacu semangat para peserta untuk memberikan solusi bagi permasalahan di perbankan, masyarakat, atau pemerintah di era transformasi digital. Menariknya, keseluruhan proses acara ini dilaksanakan secara virtual dan daring.

Terdapat beberapa kategori yang dilombakan dalam BNI Hackathon Festival 2021, antara lain seperti:

  • Smart City
  • Health Technology
  • Game
  • Financial Solution
  • Pertanian
  • Marketing Ads

Kepala Wilayah BNI Malang Beby Lolita Indriani menyampaikan, kegiatan ini digelar untuk menggugah banyaknya talenta - talenta digital di Indonesia dan khususnya Kota Malang.

"Sangat disayangkan apabila talent muda yang berbakat di Kota Malang dan di Indonesia pada umumnya tidak dimanfaatkan secara maksimal, untuk itu dilaksanakanlah program BNI Hackfest 2021 ini sebagai upaya pengembangan ekosistem digital di Indonesia," ucap beby.

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan BNI Hackathon Festival 2021 ini telah dimulai sejak 1 Oktober 2021. Dengan diikuti 104 tim dari berbagai propinsi di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Makassar.

Latar belakang peserta kompetisi membuat aplikasi ini juga beragam. Mulai dari mahasiswa, freelancer hingga startup professional. Setelah melewati berbagai tahapan dengan mendapatkan juga pendampingan mentoring dari pelaku startup professional tim BNI dan juga STASION, maka ada 10 tim yang akhirnya masuk dalam tahap final yang disebut dengan Final Pitching BNI Hackathon Festival 2021 pada 28 Oktober 2021.

10 Tim yang lolos ke babak final ialah: Xetia, Bangbeli, Tabula, Kebunpintar, Lekut Team, Flowdy, Bagara, LPPM Aray dan Renzcybermedia.

Melalui tahapan Final Pitching yang berupa sesi tanya jawab yang suasanannya disamakan dengan saat para startup bertemu dengan investor ini. Akhirnya didapatkan 3 pemenang yang berhasil meraih hadiah total Rp 60.000.000. 3 tim hebat tersebut adalah:

Juara I Xetia, produk: Hararu – Aplikasi penjualan dan kesehatan halal (Rp 30.000.000)

Juara II Bangbeli produk Bangbeli – Partner bisnis pembayaran digital (Rp 20.000.000)

Juara III Tabula, produk: Tabula – Platform layanan ekosistem layanan kebahagiaan dan kesehatan mental (Rp 10.000.000)

Sebagai penutup, Senior Eksekutif Vice President Bisnis Digital BNI Rian Kaslan menyampaikan harapannya untuk bisa menyelenggarakan kembali acara BNI Hackathon Festival di tahun-tahun berikutnya dengan cara tatap muka langsung.

“BNI Hacktahon Festival ini adalah bagaimana wujud kami dari BNI punya ketertarikan dan kepedulian kepada talenta – talenta muda digital. Dengan menggandeng komunitas seperti STASION di Malang, besar harapan ke depan talenta – talenta muda ini akan bisa menjadi professional startup yang memiliki produk yang banyak membawa manfaat positif bagi masyarakat di Indonesia,” tutur Rian Kaslan.

Gelaran puncak BNI Hackathon Festival 2021 yang  juga dihadiri oleh dihadiri oleh Direktur IT dan Operasi BNI Y.B. Hariantono, Senior Eksekutif Vice President Bisnis Digital BNI yakni  Rian Kaslan, Jajaran Pemimpin Divisi BNI, Pimpinan BNI Wilayah Malang Beby Lolita Indriani, serta Kadiskopindag Kota Malang Sailendra dan Kadiskominfo Nur Widianto.

Topik
bni hackathon festival 2021beby lolaita indrianiBNIabdul hakim bafagih

Berita Lainnya

Berita

Terbaru