Fasilitasi Startup, Diskominfo Kota Malang Rencana Bangun Mini DILO di Wilayah Timur

Oct 29, 2021 15:50
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, M Nur Widianto. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, M Nur Widianto. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Keberadaan startup di Kota Malang cukup menjadi salah satu perhatian. Karenanya, fasilitasi bagi anak muda yang bergerak di bidangnya diupayakan untuk ditambah agar merata.

Salah satunya dengan merencanakan menghadirkan Mini Digital Innovation Lounge (DILo) di wilayah timur Kota Malang. Hal ini sebagai pemberian sarana prasarana bagi komunitas startup untuk terus bergerak.

"Kita ingin mengembangkan mini DILO, mau kita kuatkan, kita kembangkan ke perkantoran kami. Karena ada ruangan yang bisa kita upgrade di sana. Kami juga ingin menyasar ke wilayah timur," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, M. Nur Widianto.

Sebagai informasi, DILO merupakan sebuah creative camp yang diinisiasi oleh Telkom Indonesia dan MIKTI yang dibentuk pada tahun 2014. DILo dibentuk untuk menciptakan, menumbuhkan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas bibit-bibit digitalpreneur, sekaligus juga untuk mendukung pemberdayaan masyarakat dan komunitas di tanah air.

Di Kota Malang sendiri, fasilitas untuk anak-anak kreatif tersebut telah ada. Yakni, di Telkom Kayutangan, Jl Jenderal Basuki Rahmat. Namun, dengan fasilitas baru di wilayah timur, paling tidak Pemkot Malang lebih ingin menguatkan potensi-potensi daripada komunitas startup.

Pria yang akrab disapa Wiwid ini menambahkan, harapannya, rencana menghadirkan mini DILO ini bisa direalisasikan di tahun 2022 mendatang. Tetapi, hal itu masih akan melihat situasi dan kondisi postur anggaran yang ada.

"Harapannya tahun depan. Cuma, postur anggaran masih belum bisa karena masih ada refocusing (untuk penanganan Covid-19). Yang pasti ini misi yang kita kuatkan infrastruktur digital dan SDM digital. Kita beri wadah untuk mereka," jelasnya.

Nantinya, sarana prasarana yang diberikan tak jauh berbeda dengan DILO yang berada di kawasan Kayutangan. Selain komputer dan alat-alat digital, pihaknya juga akan memberikan fasilitasi mini sinemart.

"Fasilitas kurang lebih sama, PC kita sediakan dan juga mini sinemart. Karena anak-anak sineas kita kan juga banyak," pungkasnya.

Topik
konunitas startupSatpol PP TubanKota MalangDiskominfo Kota MalangBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru