Megawati Berharap Patung Soekarno Bisa Dibangun di Semua Daerah, Ini Alasannya

Oct 29, 2021 09:10
Megawati (Foto: Kompas TV)
Megawati (Foto: Kompas TV)

JATIMTIMES - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berharap patung Presiden Soekarno sekaligus sang ayah bisa dibangun di seluruh daerah. Hal itu dilakukan, guna mengingat jasanya sebagai tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia.

Seperti diketahui, Soekarno juga telah mewariskan banyak pemikiran dan ideologi untuk bangsa Indonesia. "Kalau memungkinkan, maka tentunya tidak perlu terburu-buru, karena kita sifatnya gotong royong, bikin lah di setiap daerah yang namanya patung beliau (Bung Karno)," ujar Mega dalam acara Peresmian dan Penandatanganan Prasasti Taman UMKM Bung Karno dan 16 Kantor Partai yang digelar secara virtual, Kamis (28/10/2021).

Menurut Megawati, suka tidak suka, mau tidak mau, Bung Karno adalah proklamator Indonesia. Oleh sebab itu, pembuatan patung Bung Karno bisa jadi upaya untuk mengingatkan sosoknya kepada generasi muda.

"Ya memang itu sifatnya simbolis, tapi kalau hanya dikatakan saja memungkinkan orang akan melihat bahwa bagaimana toh sosoknya. Patung itu kan merepresentasikan sosok seseorang. Diponegoro begini, Bung Karno begitu," ungkap Mega.

"Ada yang mengatakan, kalau dari Islam garis keras mengatakan tidak boleh, takut itu (patung) didewakan, disembah. Tidak ada niat seperti itu, hanya sebuah pengenalan dari suatu sosok pahlawan-pahlawan," tambah Mega. 

Menurut Mega, pengenalan sosok pahlawan sangat penting bagi generasi muda Indonesia. Ia menilai, tanpa ada upaya mengenali sosok pahlawan, generasi muda tak akan mengenal sosok pahlawan nasional.

"Saya sering mengatakan, kalau bisa seluruh pahlawan ini diwujudkan di dalam bentuk fisik, sosok. Mana anak muda masih mengetahui. Saya saja kalau tidak diberitahu ayah saya, bagaimana sosok Pattimura, saya tidak tahu," jelas Mega.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Megawati Soekarnoputripatung presiden soekarnoBung Karno

Berita Lainnya

Berita

Terbaru