Pemkot Malang Bersiap Vaksinasi Anak di Bawah 12 Tahun

Oct 28, 2021 17:15
Vaksinasi Covid-19 siswa usia 12 tahun di Kota Malang beberapa waktu lalu. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Vaksinasi Covid-19 siswa usia 12 tahun di Kota Malang beberapa waktu lalu. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

JATIMTIMES - Menyusul restu dari Pemerintah Pusat yang mulai mengizinkan pemberian vaksin Covid-19 bagi anak di bawah usia 12 tahun, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mulai bersiap.

Terlebih, pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tidak hanya untuk anak usia 12 tahun ke atas. Dengan diberinya izin pemberian vaksin Covid-19 khusus bagi usia 8-12 tahun ini maka akan menurunkan risiko penularan virus.

"Vaksin sudah ada instruksi dari Pemerintah Pusat untuk membolehkan pelajar di bawah 12 tahun. Kira-kira untuk TK sampai SD kelas 5 dengan menggunakan vaksin jenis Pfizer," ujar Wali Kota Malang Sutiaji, Kamis (28/10/2021).

Meski belum tahu kapan vaksinasi anak di bawah usia 12 tahun ini dilakukan, Sutiaji menyebut, saat ini pihaknya masih mengkaji teknis pemberian terhadap sasaran anak-anak tersebut. "Masih kami kaji dulu teknisnya. Yang jelas nanti izin orang tua juga harus ada," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Suwarjana menyatakan, pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia di bawah 12 tahun masih menunggu petunjuk resmi. Karena, jumlah total siswa TK dan SD di Kota Malang cukup banyak, mencapai sekitar 90 ribu anak.

"Jumlahnya dua kali lipat lebih banyak dari pelajar di atas 12 tahun. Jadi masih kami rapatkan dulu dengan Dinkes dan penyelenggara vaksin," katanya.

Menurutnya, vaksin bagi pelajar di bawah 12 tahun memungkinkan untuk digelar di sejumlah kampus yang memiliki Fakultas Kedokteran. Hal ini mempertimbangkan jumlah sasaran yang cukup banyak.

"Kalau tidak, bisa juga nanti menggunakan vaksinasi goes to school (datang ke sekolah). Karena kan pelajarnya cukup banyak," terangnya.

Sembari menunggu kepastian vaksinasi anak tersebut, Suwarjana tetap menekankan ke seluruh sekolah untuk tetap menjaga keamanan selama PTM berlangsung. Apalagi, dari hasil evaluasi saat ini, proses belajar mengajar di sekolah saat ini terbilang aman dan bebas dari Covid-19.

"Ini berita baik (pelajar di bawah usia 12 tahun divaksin). Tapi, tetap jangan sampai melupakan prokes saat PTM, ini menjadi salah satu kunci menekan Covid-19," tandasnya.

Topik
vaksinasi kota malangVaksinasi Covid 19Vaksin Covid 19komunitas vespa tulungagung

Berita Lainnya

Berita

Terbaru