Sudah Capai 70 Persen, Bapenda Kota Malang Optimis Akhir Tahun PAD Sektor Pajak Tercapai

Oct 28, 2021 16:35
Kepala Bapenda Kota Malang, Handi Priyanto. (foto: Arifina Cahyanti Firdausi/ MalangTIMES).
Kepala Bapenda Kota Malang, Handi Priyanto. (foto: Arifina Cahyanti Firdausi/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Capaian pendapatan daerah Kota Malang terus dipacu. Jelang 3 bulan terakhir di tahun 2021 ini, perolehan pendapatan dari sektor pajak sudah mencapai 70 persen.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang, Handi Priyanto menyatakan, capaian pendapatan daerah ini bersumber dari beberapa sektor pajak. Yakni, pajak restoran, pajak bea perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan pajak reklame.

Dari beberapa sektor tersebut, kekurangan perolehan terjadi pada BPHTB. Hal ini yang terus dipacu agar para wajib pajak segera menuntaskan kewajibannya.

"Masih ada kurang itu di BPHTB, kurang lebih Rp 70 miliar. Mudah-mudahan bisa tuntas akhir tahun ini," ujarnya.

Untuk diketahuai, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sisi pajak daerah di tahun 2021 ini mengalami penyesuaian menjadi Rp 462 miliar. Karena itu, Handi menyebut, pihaknya terus memacu berbagai program agar akhir tahun ini target bisa tercapai.

"Semoga terealisasi 100 persen," jelasnya.

Upaya untuk mengejar target PAD tersebut, seperti dengan program Bapenda Goes to Kelurahan, kemudian terus melalukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar sadar pajak.

Tak hanya itu, program menggenjot sektor pendapatan melalui Gebyar Sadar Pajak tahap kedua juga dilakukan. Dimana, dengan memberikan undian berhadiah bagi konsumen hotel dan resto yang telah terpasang E-Tax.

Melalui cara ini, diharapkan dapat pula meningkatkan pendapatan bagi pengusaha Hotel dan Resto di tengah masa PPKM Level 2 di Kota Malang. Dengan begitu, perolehan pendapatan dari sektor pajak juga bisa lebih meningkat.

"Jadi kan nanti masyarakat yang berkunjung ke hotel dan resto yang terpasang E-Tax, struk belanja atau nota menginap di hotel itu bisa ditukar kupon undian. Ini harapannya, bisa mendongrak pendapatan perhotelan dan resto juga pendapatan daerah," pungkasnya.

Topik
PAD Kota MalangCapaian Pajak Kota MalangPemkot Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru