Isu Reshuffle Rabu Pon 3 November semakin Mencuat, Begini Penjelasan Istana

Oct 28, 2021 10:42
Presiden Joko Widodo (Foto: CNN Indonesia)
Presiden Joko Widodo (Foto: CNN Indonesia)

JATIMTIMES - Isu reshuffle dalam Kabinet Indonesia Maju kembali mencuat belakangan ini. Beredar isu bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan reshuffle kabinet pada Rabu Pon 3 November 2021 mendatang. 

Terkait isu tersebut, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memberikan penjelasan. Heru menegaskan tidak ada rencana kocok ulang atau reshuffle kabinet pada tanggal tersebut.

Diketahui, hari itu memang bertepatan dengan Rabu Pon pada penanggalan Jawa yang kerap kali digunakan sebagai momentum reshuffle kabinet oleh Presiden Jokowi. Heru mengatakan Jokowi masih dalam rangkaian perjalanan ke luar negeri, yaitu Italia, Skotlandia, dan Uni Emirate Arab, mulai akhir pekan ini hingga 5 November mendatang. 

"Tidak. Tanggal 5 [November] tiba di Tanah Air," kata Heru. 

Jokowi akan memulai tur ke luar negeri pada 30-31 Oktober dengan menyambangi Roma, Italia. Ia dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (G20).

Kemudian, Jokowi bertolak ke Glasgow, Skotlandia untuk menghadiri KTT Perubahan Iklim atau COP26 World Leaders Summit pada 1-2 November. Rangkaian tur Jokowi selanjutnya yakni Uni Emirat Arab untuk bertemu dengan putra mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed (MBZ).

Selain itu Jokowi, juga diagendakan bertemu dengan Emir Dubai Mohammed bin Rashid (MBR) di Dubai dan sejumlah pengusaha. Setibanya di Jakarta, Jokowi tidak langsung banyak beraktivitas. 

Heru menyampaikan Jokowi nantinya akan menjalani karantina sesuai protokol kesehatan perjalanan dari luar negeri. Sebelumnya, spekulasi reshuffle kabinet ini menguat usai PAN bergabung dengan pemerintahan. 

Selain itu, suksesi kepemimpinan Panglima TNI juga jadi perhatian publik menjelang masa pensiun Marsekal Hadi Tjahjanto. Rabu Pon sendiri selalu dikaitkan dengan reshuffle kabinet. Pasalnya, hari itu adalah hari pasaran atau hari baik Jokowi. Ia lahir di hari Rabu Pon dalam penanggalan Jawa.

Seperti diketahui, Jokowi beberapa kali telah melakukan reshuffle kabinet di Rabu Pon seperti pada Rabu, 23 Desember 2020 lalu. Saat itu, Jokowi melakukan perombakan kabinet usai 2 menteri diciduk KPK. 

Menteri-menteri yang dilantik saat itu ialah Menteri Sosial Tri Rismaharini, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Ada pula Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Perdagangan Muhammad Luhtfi, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Topik
Joko WidodoJokowiopini santriReshuffle Kabinet

Berita Lainnya

Berita

Terbaru