Peringati Ulang Tahun dan Hari Santri, UIN Malang Rekrut Lulusan Pondok Pintar Baca Kitab Kuning

Oct 28, 2021 08:04
Wakil Rektor 2 Bidang Administrasi, Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) Dr Ilfi Nur Diana MSi (kerudung kuning) dan disampingnya Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga Dr H Isroqunnajah MAg saat memantau jalannya Khitan Gratis (doc)
Wakil Rektor 2 Bidang Administrasi, Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) Dr Ilfi Nur Diana MSi (kerudung kuning) dan disampingnya Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga Dr H Isroqunnajah MAg saat memantau jalannya Khitan Gratis (doc)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang memiliki target menjadi PTKIN yang unggul dan bereputasi internasional dalam beberapa tahun ke depan. Untuk itu, input sumberdaya manusia yang bagus di bidang keagamaan, menjadi salah satu hal yang penting untuk menyongsong visi tersebut.

Langkah nyata diambil, sehingga pada peringatan Hari Lahir ke-60 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, pihak kampus memberikan apresiasi bagi santri yang pandai membaca kitab kuning untuk dapat masuk di prodi keagamaan. Dalam kegiatan lain akan diadakan lomba yang dapat menarik input yang bagus di bidang sains.

1

Wakil Rektor Bidang AUPK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dr Hj Ilfi Nur Diana, SAg MSi mengatakan berbagai kegiatan untuk memperingati Hari Lahir UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ke-60  dan HSN 2021 akan dilakukan pada 26 Oktober sampai 5 November 2021. Dalam kegiatan itu, akan disemarakkan atau di sini berbagai kegiatan, seperti perlombaan, bakti sosial, khotaman al-Quran hingga penghargaan bagi para alumni. 

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kampus dalam kepada para santri, dosen, mahasiswa dan alumni yang memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai keislaman yang moderat. 
 
“Santri identik ngaji kitab kuning, mengaji qowaid nahwu-shorof dan sosok yang mandiri. Makanya santri yang mengikuti lomba dan menjadi juara 1-3 kategori lomba baca kitab dan hafalan nadhom akan diberikan kemudahan gratis masuk prodi keagamaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang," tutur Ilfi. 

1

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Dr H Isroqunnajah MAg menambahkan, jika lomba yang digelar disesuaikan dengan dunia santri seperti lomba baca kitab Fathul Qorib, hafalan Alfiyah, Imrithi, Aqidatul Awam, dan Kajian Keagamaan. 

“Lomba tersebut dilaksanakan mulai hari ini via online. Lomba desain logo, maskot dan video kreatif juga dilaksanakan di hari yang sama," ujar Gus Is sapaan akrabnya.

2


 
Sementara Ketua Pelaksana Hari Lahir UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ke-60  dan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 Dr H Nur Ali MPd menegaskan selain lomba untuk para santri, pihak kampus juga menggelar penulisan Book Chapter dengan tema besarnya “Santri Penggerak, Santri Merdeka”. 

“Book Chapter sebagai wadah untuk menuangkan gagasan para santri, dosen, mahasiswa dan alumni lewat karya yang berkualitas," tegas Nur Ali. 

Sementara itu, sub-tema yang ditulis di dalam buku, berkaitan dengan santri di era pandemi, santri dan bonus demografi, santri millenial di era society 5.0, transformasi pesantren, Indonesia di mata santri dan problem sosial. 

Dalam menyemarakkan kegiatan semarak harlah kampus dan HSN, pihak kampus juga melibatkan masyarakat. Salah satunya dengan memfasilitasi masyarakat untuk anaknya melakukan  khitan gratis.

“Khotaman al-quran, pembinaan mental spiritual, sholawatan dan senam juga ikut meramaikan Hari lahir kampus dan HSN tahun ini," pungkas Nur Ali.

Topik
UIN Maliki Malangnur aliIsroqunnajahbabycloudfoamSantri

Berita Lainnya

Berita

Terbaru