Bentuk Pengabdian Masyarakat, UIN Malang Gelar Khitan Gratis

Oct 27, 2021 16:32
Wakil Rektor 2 Bidang Administrasi, Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) Dr Ilfi Nur Diana MSi (kerudung kuning) dan disampingnya Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga Dr H Isroqunnajah MAg saat memantau jalannya Khitan Gratis (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Wakil Rektor 2 Bidang Administrasi, Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) Dr Ilfi Nur Diana MSi (kerudung kuning) dan disampingnya Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga Dr H Isroqunnajah MAg saat memantau jalannya Khitan Gratis (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menggelar khitan gratis bertajuk "Khitan Itu Sehat", Rabu (27/10/2021). Selain sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat, hal ini juga termasuk bagian atau rangkaian dari Maulid Nabi Muhammad SAW, Hari Santri Nasional sekaligus Dies Natalies ke 60 UIN Malang. 

Wakil Rektor 2 Bidang Administrasi, Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) Dr Ilfi Nur Diana MSi, menjelaskan, salah satu rangkaian dipilihnya kegiatan khitan ini, adalah karena UIN Maliki Malang ingin menjadi bagian dari sejarah kehidupan para generasi penerus. 

2

Para penerus bangsa tersebut diharapkan, kelak bisa menjadi seseorang pemimpin yang nantinya membawa kemajuan bangsa yang tetap mengenang dan menyimpan memori UIN Maliki Malang menjadi bagian sejarah dalam kehidupannya.

"Harapan kami mereka menjadi anak soleh dan menjadi generusi-generasi yang baik. Mereka juga akan punya memori, selalu teringat, dulu saya khitan di UIN Malang, kelak saya akan menjadi orang hebat seperti orang-orang yang ada di UIN Malang," tuturnya.

1

Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga Dr H Isroqunnajah MAg menjelaskan hal yang senada dengan WR 2. Khitan Gratis ini sebagai salah satu kegiatan yang juga dalam momentum menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, Hari Santri Nasional sekaligus Dies Natalies UIN Malang yang ke 60. 

Selain itu, hal ini juga bagian dari kepedulian terhadap kesehatan anak yang telah memasuki usia khitan, akan tetapi masih belum bisa melakukan khitan karena berbagai faktor, baik biaya atau yang lainnya.

"Untuk jumlah pesertanya ya sekitar 20 an, tapi idealnya lebih dari itu," jelasnya. 

Sosialisasi mengenai khitan gratis juga telah dilakukan. Akan tetapi, karena saat ini masa sekolah telah mulai masuk, peserta yang ikut kemudian tak terlalu banyak. Peserta yang ikut dalam kegiatan khitan gratis ini juga dibatasi. 

"Dibatasi minimal umur 9 tahun. Ya mungkin karena umur segitu sudah lebih tatag (berani)," tuturnya. 

3

Salah satu peserta Achmad Masyihud Sabilirrosyad, mengaku sangat senang mengikuti khitan gratis ini. 
Selain mendapatkan khitan gratis, peserta khitan juga mendapatkan bingkisan dan uang saku dari pihak panitia. 

"Saya berani tadi, nggak takut," pungkas bocah yang masih duduk di bangku kelas 1 SD ini.

Topik
UIN Malangkhitan gratisPengamat kepolisianUIN MalikiUIN Maliki Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru