Anjuran Waktu Tidur Siang dan Malam yang Sehat sesuai dengan Sunnah

Oct 27, 2021 08:23
Ilustrasi (Foto: Healthline)
Ilustrasi (Foto: Healthline)

JATIMTIMES - Tidur merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan setiap hari. Setiap orang pasti akan melakukan kegiatan tersebut untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian beraktivitas.

Walaupun telah dilakukan setiap hari sebagai salah satu aktivitas sehari-hari namun banyak orang yang tidak mengetahui manfaat dari tidur itu sendiri.

Padahal, apabila tidur dilakukan dengan benar akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Tidur sendiri, mampu untuk memberikan pengaruh terhadap kesehatan fisik dan juga mental secara menyeluruh.

Tidur akan mempengaruhi produktivitas, kestabilan emosi, kesehatan otak, menjaga kesehatan jantung, fungsi imun tubuh, kreativitas, vitalitas hingga dapat membantu menjaga berat badan menjadi stabil.

Dalam Islam terdapat sunnah yang mengatur cara tidur yang benar pada siang dan malam hari. Berikut penjelasannya yang telah dikutip melalui akun Instagram dr. Zaidul Akbar @resepzaidulakbar.id:

1. Tidur siang

Qailullah atau tidur siang yang dilakukan selepas waktu dzuhur ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidur sejenak dalam kondisi mengantuk, khususnya siang hari akan memberikan kekuatan dan juga kesempatan untuk tubuh memperbaiki serta me-reset ulang sistem tubuh. 

Selain itu juga dapat memberikan keseimbangan tubuh yang sempurna. Dan cara tidur siang yang baik yakni dilakukan pada waktu setelah dzuhur dengan cara merebahkan badan dalam keadaan yang rileks.

2. Tidur pada malam hari dalam keadaan gelap

Tidur dalam keadaan gelap atau lampu dimatikan terdapat hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar hipofisis yang bernama melatonin. Malam hari yang diciptakan oleh Allah SWT adalah untuk beristirahat, dimana merupakan cara tubuh untuk memperbaiki diri dengan cara mengeluarkan melatonin.

Sebelum tidur malam, juga dianjurkan untuk mengambil air wudhu. Karena pembuluh darah yang terdapat di wajah sangat dekat dengan permukaan kulit.

Air yang bersih dan juga jernih yang dialirkan ke wajah akan membantu melancarkan peredaran darah serta menghasilkan kulit sehat.

Imam Al-Ghazali berkata, "Jika kalian beranjak tidur, beberlah (bersihkan) tempat tidurmu dan berbaring dengan menghadap kiblat. Tidurlah miring ke kanan dengan posisi tangan di bawah kepala, sebagaimana mayat yang sedang disemayamkan dalam liat lahatnya. Ketahuilah sesungguhnya tidur itu ibarat mati dan bangun tidur itu ibarat hari kebangkitan. Mungkin saja Tuhan mencabut nyawa kalian pada malam tidurmu. Oleh karena itu, sambutlah kematian itu dengan bersuci (wudhu),"

Topik
tidur

Berita Lainnya

Berita

Terbaru